Rilis Neraca Dagang Pengaruhi Pergerakan IHSG Hari Ini

Senin, 15 Februari 2021 - 10:19 WIB
loading...
Rilis Neraca Dagang Pengaruhi Pergerakan IHSG Hari Ini
IHSG masih berpotensi menguat hari ini. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Analis PT MNC Sekuritas Catherine Vincentia mengatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Senin (15/2) diperkirakan akan bergerak di level 6.018 hingga 6.280 dengan resistance terdekat di level 6.285 dan support di level 6.069.

"Untuk hari ini IHSG masih berpotensi menguat karena kita lihat juga secara domestik mungkin belum ada demand yang benar-benar bisa mendorong," ujarnya pada Market Opening IDX Channel, Senin (15/2/2021).

(Baca juga: Rekomendasi Saham Hari Ini Saat IHSG Diprediksi Balik Menguat )

Menurut dia, kenaikan IHSG sudah cukup tinggi meskipun masih ada potensi penguatan dalam jangka pendek. Pergerakan IHSG hari ini juga akan dipengaruh oleh rilis neraca perdagangan.

"Itu bisa jadi salah satu sentimen yang menggerakan IHSG hari ini. Namun kita juga harus lihat respon investor terhadap berita-berita domestik tersebut apakah dihiraukan atau benar-benar di take in," ungkapnya.

Dia melanjutkan, paket stimulus fiskal Amerika Serikat (AS) yang tengah dipersiapkan Presiden Joe Biden dan pelaksanaan vaksin juga menjadi sentimen positif bagi pasar saham. "Secara recovery ekonomi mungkin akan diperlancar dari pemerintah AS sendiri. Itu masih menimbulkan sentimen positif dari global," tuturnya.

(Baca juga: Rekomendasi 3 Film Bertema Saham dari MNC Sekuritas, Masukkan ke Playlist Kamu! )

Di sisi lain, investor juga menunggu laporan keuangan emiten secara fundamental. "Makanya nanti kalau sentimen global sudah mulai mereda, kita bisa lihat lagi. Takutnya nanti IHSG sudah tidak ada lagi pendorongnya. Apalagi kalau misalnya laporan keuangan ternyata di bawah ekspektasi maka akan jadi pemberat lagi bagi IHSG," jelasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1061 seconds (10.177#12.26)