Kabar Gembira! Lowongan Ribuan PNS Bakal Dibuka di Daerah

Selasa, 16 Februari 2021 - 17:04 WIB
loading...
Kabar Gembira! Lowongan Ribuan PNS Bakal Dibuka di Daerah
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan membuka lowongan atau rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lagi pada tahun ini secara besar-besaran. Hal itu tentunya menjadi kabar gembira karena tahun lalu tidak ada lowongan CPNS.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko mengatakan tahun ini ada sekitar 160.000 formasi yang akan dibuka. Angka tersebut merupakan akumulasi dari kebutuhan pegawai tahun lalu.



Rekrutmen pegawai tersebut menyusul banyaknya PNS yang pensiun, sedangkan tahun lalu tidak ada seleksi CPNS karena Covid-19. "Iya hanya sekitar 160.000 untuk CPNS. Sudah akumulasi," ujar dia saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (16/2/2021).

Menurut dia pada dasarnya Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini 1,3 juta orang namun skema rekrutmen CPNS hanya 160.000 saja. Dari jumlah tersebut, formasi yang dibuka untuk pemerintah daerah 119.000. Nantinya formasi tersebut akan mengisi jabatan non fungsional atau teknis seperti tenaga kesehatan.



Sedangkan untuk instansi pusat akan dibuka sebesar 41.500 formasi pada CPNS tahun ini. Angka tersebut sekitar 50% dari total kebutuhan pegawai di instansi pemerintah pusat. "CPNS (daerah) untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan termasuk tenaga kesehatan. CPNS instansi pemerintah pusat untuk berbagai jabatan sesuai kebutuhan masing-masing instansi," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)