UMKM Buka Toko Online, Dijamin Langganan Tidak Kabur

Jum'at, 19 Februari 2021 - 20:44 WIB
loading...
UMKM Buka Toko Online, Dijamin Langganan Tidak Kabur
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Center of Reform on Economic (CORE) Ebi Junaidi menilai, adanya peralihan warung konvensional atau offline menjadi warung online membantu UMKM bertahan lebih baik di tengah pandemi. Pasalnya, pandemi Covid-19 telah melumpuhkan perekonomian tak terkecuali kelompok ekonomi dari pelaku UMKM.

"Mayoritas dari UMKM terutama ritel makanan mengalami penurunan transaksi setiap harinya, jadi ada penurunan pendapatan. Dengan adanya digitalisasi, ini sangat membantu mereka," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (19/2/2021).



Ebi mengatakan, dengan adanya digitalisasi memungkinkan customer yang sebelumnya berbelanja dengan uang cash kemudian merasa tidak nyaman dengan adanya pandemi ini bisa mengganti moda pembayarannya menggunakan uang elektronik. Menurutnya, hal ini mencegah hilangannya customer.

"Jadi orang tersebut yang kemungkinan kehilangan customer gara-gara itu untuk transaksi offline ya itu masih bisa karena adanya moda pembayaran seperti ini mereka mendapatkan customer baru atau mempertahankan customer lama yang sudah tidak mau menggunakan uang cash pada awal-awal pandemi," kata Ebi.



Sementara itu, banyak pelaku UMKM yang mengaku digitalisasi ini berdampak positif terhadap literasi keuangan mereka. Ada banyak yang sebelumnya tidak mengenal perbankan, akhirnya mereka mengenal perbankan.

Pasalnya beberapa dari mereka ketika bergabung dengan menjual secara online kemudian ingin dana yang mereka dapatkan dari penjualan mereka lewat ekosistem e-commerce tersebut mereka harus mengambil lewat perbankan. "Jika ada program pemerintah untuk financial inclusion ini sebenarnya mereka sudah terlibat dengan hal tersebut," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)