Lewat Buku, BPJS Ketenagakerjaan Diharapkan Mampu Dongkrak Kinerja

Minggu, 21 Februari 2021 - 19:30 WIB
loading...
Lewat Buku, BPJS Ketenagakerjaan Diharapkan Mampu Dongkrak Kinerja
Peluncuran buku berjudul The Black Box – A Social Insecurity. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan periode2016-2021, Poempida Hidayatullah berharap lembaga BPJS Ketenagakerjaan yang mengelola dana yang luar biasa besar itu mampu mendongkrak perfoma dan kinerjanya. Poempida yang merupakan unsur tokoh masyarakat mengemukakan hal itu dalam peluncuran buku berjudulThe Black Box – A Social Insecurity sekaligus syukuran HUT ORKESTRA ke-7 di Kaffeine Kline, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Minggu (21/02).

Buku tersebut merupakan catatan kritisnya selama 5 tahun mengemban amanah sebagai Dewan Pengawas. Buku tersebut ditulis dalam bahasa Inggris dan dipublikasi secara Internasional. Poempida bilang bahwa buku tersebut dapat dijadikan referensi bagi manajemen ke depan BPJS Ketenagakerjaan.

"Isinya juga merupakan suatu kajian ilmiah, yang disajikan dalam narasi yang lugas dan informal. Sehingga membuat menarik untuk disimak," imbuhnya.

Baca Juga: Ini Jajaran Dewas dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan yang Bakal Dilantik

Poempida menambahkan, buku ini banyak menguak berbagai macam hal yang tidak pernah diketahui oleh publik. Dan juga banyak memberikan wawasan-wawasan strategis yang seyogianya dijalankan oleh lembaga sebesar BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam diskusi tersebut, Poempida juga memperkenalkan buku "Strategi Membumikan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan" yang ditulis oleh tim penulis yang berasal dari beberapa latar belakang. Mereka adalah, peneliti Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Irwanda Wisnu Wardhana, Nova Novita dan Ficky Alkarim dari unsur akademisi, serta Poempida Hidayatulloh dan Syafri Adnan Baharuddin dari Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir dalam peluncuran buku tersebut, peneliti Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Irwanda Wisnu Wardhana dan dari unsur Akademisi Ficky Alkarim. Latar belakang tim penulis tersebut membuat buku ini menjadi lebih komprehensif, menyentuh akar persoalan dan menawarkan inovasi yang bisa menjawab situasi dan kondisi BPJS Ketenagakerjaan hari ini.

“Buku ini diterbitkan setelah melalui proses penelitian kemudian dipublikasikan di jurnal internasional. Isinya diawali dengan evaluasi atas program Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) pada awal diterapkan di seluruh Indonesia,” kata peneliti Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Irwanda Wisnu Wardhana.

Buku tersebut, lanjut Wisnu, juga dilanjutkan dengan studi perbandingan dan benchmarking dengan profesi Sharoushi dan Jimukumiai di Jepang. “Jimukumiai adalah lembaga yang menjaring peserta jaminan sosial ketenagakerjaan, menjalankan proses administrasi peserta, sekaligus mengumpulkan iuran dan disetor ke pemerintah. Sementara, Sharoushi adalah individu yang menjadi tenaga ahli jaminan sosial, baik di sektor ketenagakerjaan atau kesehatan,” papar Wisnu.



Wisnu menerangkan, buku ini membahas studi perbandingan dengan agen asuransi dan diakhiri dengan rekomendasi roadmap program kepesertaan yang inovatif. “Buku ini diharapkan dapat berkontribusi nyata bagi perkembangan sistem jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia secara keseluruhan dan membumikannya agar mudah dipahami dan diikuti oleh setiap warga Indonesia di manapun berada, dan pada gilirannya dapat mengakselerasi pencapaian keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)