Gandeng Bukalapak, TNI AL Angkat Produk Maritim via Online

Kamis, 04 Maret 2021 - 16:03 WIB
loading...
Gandeng Bukalapak, TNI AL Angkat Produk Maritim via Online
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Maka itu ada beberapa cara untuk memaksimalkan potensi kemaritiman di Indonesia di era digital. Salah satunya yakni dengan kegiatan Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) - Maritime Hackathon 2021 yang digelar TNI AL melalui Dinas Pembinaan Potensi Maritim Markas Besar Angkatan Laut (Dispotmar Mabesal).

PPKM - Maritime Hackathon 2021 merupakan kompetisi kreativitas menciptakan ide dan inovasi dalam pembentukan karakter maritim yang akan diimplementasi dalam pengembangan beragam produk yang mendukung pengelolaan data dan potensi maritim untuk mendukung sektor edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat pesisir.

"Target peserta yang mengikuti PPKM - Maritime Hackathon 2021 diharapkan bisa mencapai 100 tim, karena peserta terbuka untuk umum, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga professional bisa mengikuti dengan membentuk tim maksimal 3 orang," ujar Kadispotmar Mabesal, Brigjen TNI Mar Nuri Andrianis Djatmika di Dispotmar TNI AL, Jakarta pada Kamis (4/3/2021).



Sementara itu, Kasubdis Binpuan Dispotmar, Letkol Mar Widoyono menyebut dengan diselenggarakannya kompetisi ini diharapkan dapat mendukung Dispotmar Mabesal dalam pengelolaan potensi produk maritim, serta menciptakan produk bersifat praktis dan tepat guna.

"Kami berharap melalui kegiatan ini bisa menghasilkan produk- produk yang sangat bermanfaat tidak hanya berupa konsep ide saja, tapi sebuah produk digital yang bisa dikembangkan, seperti Web Base Apps, Mobile Apps, Data Processing & Analysis, serta Internet of Things (IoT)," ungkap dia.



Sedangkan itu, Chief Executive Officer (CEO) Bukalapak, Rachmat Kaimuddin menambahkan bahwa PPKM - Maritime Hackathon 2021 ini sejalan dengan semangat Bukalapak. "Kegiatan ini sejalan dengan semangat Bukalapak sebagai platform e-commerce yang ingin memberikan akses bagi siapapun untuk berjualan apapun, sehingga menciptakan ekonomi yang adil melalui inovasi teknologi," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)