Sri Mulyani Ajak Tingkatkan Kompetensi agar Tak Muncul Pandangan 'Oh Pantes Sopirnya Perempuan'

loading...
Sri Mulyani Ajak Tingkatkan Kompetensi agar Tak Muncul Pandangan Oh Pantes Sopirnya Perempuan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengingatkan para perempuan Indonesia agar terus meningkatkan kompetensinya. Tujuannya agar tidak ada lagi komentar stereotip yang merendahkan perempuan. Salah satu contoh utama adalah penilaian perempuan selalu tidak becus bawa kendaraan.

"Sangat umum di jalan lalu ada mobil jalannya miring-miring, maka muncul stereotip 'oh pantas aja ternyata supirnya perempuan'. Jadi kita harus terus memperjuangkan dengan meningkatkan kompetensi di segala bidang," ujar Sri Mulyani dalam webinar Intergenerational Dialogue Women and Girls: Game Changers in Development di Jakarta (6/3/2021). ( Baca juga:Non! Simak Nih 'Petuah' Sri Mulyani buat Perempuan Milenial )

Dia juga mengingatkan sebagai perempuan ada kecenderungan begitu mudahnya dipandang sebelah mata. Tidak cukup hanya dengan bisa melakukan upaya seperti established relationship, persuasif, dan leadership saja. Karena yang akan membuat seorang pemimpin akan efektif adalah kompetensinya. ( Baca juga:Paus Fransiskus Kunjungi Tempat Kelahiran Nabi Ibrahim di Irak )

"Kalau personaliti bagus, emosi bagus, tapi tidak memiliki kompetensi nanti lawan bicara kalian 'oh dia sih enak diajak bicara aja. Tapi dia belum pantas jadi pemimpin saya'. Jadi pesan saya terus tingkatkan kompetensi kalian dengan cara belajar," lanjutnya.

Namun dia mengingatkan tujuan belajar bukannya untuk sekedar menunjukkan diri pintar. Tetapi karena memang dengan rendah hati kita mengakui tidak merasa cukup pintar dan merasa kurang jadinya terus belajar.

(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top