Resmi Diluncurkan, tularnalar.id Ajak Lawan Hoax dengan Berpikir Kritis

Senin, 08 Maret 2021 - 19:10 WIB
loading...
A A A
Direktur Program Maarif Institute, Khelmy K Pribadi menambahkan, kehadiran situs tularnalar.id adalah bentuk komitmen seluruh konsorsium untuk memperluas akses publik pada sumber pembelajaran daring yang dapat meningkatkan keterampilan praktis dosen, guru, siswa dan siapapun untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas literasi digital untuk melawan misinformasi, disinformasi dan ujaran kebencian.

"Situs tularnalar.id menyediakan materi pembelajaran yang kreatif dan interaktif, termasuk didalamnya adalah modul, video, dan kuis-kuis menarik dengan sumber rujukan yang jelas,” paparnya.



Senada, Juli Binu dari Love Frankie, menyampaikan bahwa dalam proses penyusunan situs tularnalar.id pihaknya juga melakukan riset kepada para pakar di bidang literasi media untuk dapat memahami tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para pengajar dalam mengajarkan literasi media kepada siswanya. "Kami juga menguji berbagai model kursus online untuk menghasilkan situs yang ramah bagi penggunanya termasuk teman teman disabilitas,” ucapnya.

Sementara itu, Sub Koordinator Pembelajaran Khusus, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Yulita Priyoningsih berharap, digitalisasi materi-materi yang telah disusun oleh tim Tular Nalar ke depan akan dapat memperkaya repositori materi terbuka pada laman spada.kemdikbud.go.id. "Dengan demikian penerima manfaat inisatif baik ini akan lebih luas," tandasnya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)