Bank Emas Tak Akan Bisa Intervensi Harga

Senin, 08 Maret 2021 - 22:25 WIB
loading...
Bank Emas Tak Akan Bisa Intervensi Harga
Pengamat komoditas, Ariston Tjendra menilai rencana pemerintah untuk membentuk bank emas tidak dapat mengintervensi harga. Karena komoditas emas sangat berkaitan dengan banyak faktor. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pengamat komoditas, Ariston Tjendra menilai rencana pemerintah untuk membentuk bank emas tidak dapat mengintervensi harga. Karena komoditas emas sangat berkaitan dengan banyak faktor.

"Untuk harganya mungkin sulit diintervensi oleh satu pihak atau negara tertentu. Jadi tidak bisa bank emas untuk intervensi harga," ujar Ariston saat dihubungi MNC Portal Indonesia di Jakarta (8/3/2021).



Menurutnya emas saat ini bukan hanya sebagai aset investasi dan komoditas industri. Emas bahkan sudah berkembang dijadikan sarana hedging atau lindung nilai. Sehingga pergerakan harganya juga berkorelasi dengan pergerakan aset investasi lain. Mulai dari saham, nilai tukar, obligasi, dan lainnya.

"Jadi kemungkinan konsep dari bullion bank ini mungkin sama seperti bank kebanyakan. Bisa sebagai pembiayaan, simpan pinjam, produk investasi, jual beli emas," ujarnya.


Pemerintah menilai pembentukan Bank Emas akan menguntungkan banyak pihak, karena bisa menghemat devisa, dan bagi industri keberadaannya bisa menjadi sumber pembiayaan. Sementara bagi perbankan, kehadiran Bank Emas bisa menjadi diversifikasi produk, dan bagi masyarakat kehadiran Bank Emas bisa mendapatkan imbal hasil dari simpanan emas di bank.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)