Ekonomi China Menggila, Diprediksi Tumbuh 15-20% di Kuartal I/2021

Selasa, 16 Maret 2021 - 17:07 WIB
loading...
Ekonomi China Menggila, Diprediksi Tumbuh 15-20% di Kuartal I/2021
Ekonomi China diprediksi dapat tumbuh di kisaran 15% hingga 20% pada kuartal pertama tahun ini. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Ekonomi China secara pasti keluar dari bayang-bayang pandemi virus Corona dan pulih dengan kuat dalam dua bulan pertama tahun 2021. Indikator utama ekonomi China pada Januari-Februari menunjukkan tingkat pertumbuhan lebih dari 30% didukung akselerasi manufaktur yang stabil yang didukung oleh domestik dan permintaan luar negeri.

Berdasarkan perkembangan tersebut, para analis memperkirakan bahwa China mungkin dapat mencatat tingkat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) 15-20% untuk tiga bulan pertama 2021. Jika terealisasi, itu akan menjadi ekspansi kuartal pertama tertinggi di antara ekonomi utama dunia.



Ekonomi China sempat terhenti pada kuartal pertama tahun lalu di tengah lockdown ketat untuk menahan penyebaran virus Corona. Namun, ekonomi dengan cepat pulih setelah pemerintah meluncurkan perang total melawan epidemi dan mengendalikannya sepanjang tahun 2020.

Ekonomi China tumbuh 2,3% pada tahun lalu. Meski tingkat pertumbuhan PDB China pada kemungkinan akan melambat setiap kuartal, para analis meyakini bahwa negara itu berada di jalur yang tepat untuk mencapai target pertumbuhan tahunan lebih dari 6% tahun ini.

Keyakinan itu didukung perkembangan positif dalam dua bulan pertama tahun ini. Data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional (NBS) menunjukkan produksi industri naik 35,1% dibandingkan dengan kontraksi 13,5% selama periode yang sama tahun lalu.

Selanjutnya, penjualan ritel meningkat 33,8% menjadi 6,97 triliun yuan (sekitar USD1,07 triliun), dibandingkan dengan penurunan 20,5% tahun lalu. Sementara investasi aset tetap melonjak 35% menjadi 4,52 triliun yuan, dibandingkan dengan penurunan 24,5% pada tahun 2020.

"Indikator ekonomi yang menakjubkan mencerminkan fundamental China untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan sehat di era pasca-virus, baik dari sisi produksi maupun permintaan. Cukup adil untuk mengatakan bahwa ekonomi negara telah kembali normal," ungkap Liu Xuezhi, pakar ekonomi makro senior di Bank Komunikasi, yang dikutip Global Times, Selasa (16/3/2021).

Selain efek dasar yang rendah, analis mengatakan bahwa kebijakan "tetap di tempat", yang memungkinkan dampak yang lebih kecil pada produksi selama liburan Festival Musim Semi tahun ini, berkontribusi pada pertumbuhan. Pada tahun-tahun sebelumnya, pabrik akan menghentikan produksi selama lebih dari 15 hari selama liburan.

Hu Qimu, kepala peneliti di Sinosteel Economic Research Institute, mengatakan kepada Global Times bahwa pemulihan permintaan ekspor membantu menopang ekonomi China pada periode Januari-Februari dan menghidupkan kembali pertumbuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3332 seconds (0.1#10.140)