Aturan THR untuk Pekerja Swasta Segera Terbit, PNS Kapan?

Rabu, 17 Maret 2021 - 11:12 WIB
loading...
Aturan THR untuk Pekerja Swasta Segera Terbit, PNS Kapan?
Pemerintah masih merumuskan aturan dan mekanisme pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk PNS tahun ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah sedang merumuskan aturan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja melalui Kementerian Ketenagakerjaan . Dalam perumusan ini, Kementerian Ketenagakerjaan akan berkoordinasi dengam Badam Pusat Statistik (BPS) untuk mendapatkan data upah pekerja.

Lantas bagaimana dengan pencairan dana untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) ? Keputusan pencarian untuk ASN berada di tangan Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Gaji PNS "Diobrak-abrik", Tenang Bapak Ibu Masih Dapat THR Kok!

Termasuk juga mengenai besaran dan komponen yang ada dalam THR nantinya. Pada tahun lalu sendiri, komponen THR untuk ASN ada yang sedikit berbeda dibandingkan tahum sebelumnya karena hanya meliputi gaji pokok dan tunjangan yang melekat, dengan tunjangan kinerja tidak dimasukkan dalam komponen THR 2020.

"Coba saya cek ya. Soalnya ini juga masuk ranahnya Kementerian Keuangan sih," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Saat ini Kementerian Keuangan masih dalam pembahasan untuk mekanisme pencairannya. Termasuk juga waktu dari pencairan THR untuk pegawai pemerintah ini saat Lebaran Idul Fitri. "Mungkin juga (masih dibahas), kan kebijakan Kementerian Keuangan untuk pemberian THR," ucapnya

Sementara itu, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan yang baru yakni Isa Rachmatarwata masih belum memberikan tanggapan terkait pencairan THR ASN. Sementara Dirjen Anggaran sebelumnya yakni Askolani memberikan sedikit kode jika pencairan THR PNS pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya.

Meskipun belum bisa diputuskan dan dipastikan, namun THR untuk PNS diperkirakan akan sama dengan tahun lalu. Jika mengacu pada tahun lalu, maka tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2020 tentang pemberian THR tahun 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, anggota Kepolisian, Pegawai Non PNS, dan penerima pensiun atau tunjangan.

Baca Juga: Kiamat Sudah Dekat (2): Jarak Gunung Emas Itu 4.774 km dari Sungai Eufrat

Berdasarkan peraturan tersebut, tunjangan THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal hari raya. Artinya pencairan THR untuk PNS akan dilakukan paling lambat pada awal Mei mengingat pada tahun ini, lebaran Idul Fitir jatuh pada 13-14 Mei 2021.

Selain itu, THR diberikan sebesar penghasilan satu bulan pada dua bulan sebelum bulan hari raya. Kemudian dalam pasa 15 ayat 2 menyebutkan Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dapat dibayarkan, Tunjangan Hari Raya dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya.

Dalam pasal 17, ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian THR yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara diatur dengan Peraturan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan. Kemudian pada ayat 2 ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian Tunjangan Hari Raya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dengan Peraturan Kepala Daerah.
(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2128 seconds (11.252#12.26)