Maksimalkan Pelaksanaan IPDMIP di NTB Demi Dongkrak Produksi Pertanian

Rabu, 17 Maret 2021 - 21:59 WIB
loading...
Maksimalkan Pelaksanaan IPDMIP di NTB Demi Dongkrak Produksi Pertanian
Untuk meningkatkan produksi pertanian, Kementerian Pertanian akan memaksimalkan proyek IPMDIP di Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto/Dok
A A A
NUSA TENGGARA BARAT - Untuk meningkatkan produksi pertanian , Kementerian Pertanian (Kementan) akan memaksimalkan proyek IPMDIP (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Maret 2021, pelatihan IPDMIP di NTB akan digelar 2 kali, yaitu pekan ke-3 dan 4.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertanian harus dimaksimal untuk mendukung ketahanan pangan . "Dalam pandemi Covid-19, pertanian menjadi sektor yang sangat penting. Karena, pertanian harus menyediakan pangan. Kita juga akan menggenjot produktivitas agar ketahanan pangan bisa terjaga," ungkap Mentan.



Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMDP) Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan, peningkatan produktivitas membutuhkan SDM yang handal. "Faktor utama pengungkit produktivitas pertanian adalah SDM. Jadi, jika ingin membangun pertanian maka yang harus dibangun terlebih dahulu adalah SDM pertanian," katanya.

Dedi Nursyamsi menerangkan, melalui IPDMIP kemampuan, kualitas dan kapasitas SDM akan turut ditingkatkan. "Sebab IPDMIP akan menggear berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM pertanian. Siapa itu SDM pertanian, yaitu penyuluh, petani, termasuk juga poktan, gapoktan, dan petani milenial," terang Dedi.



Untuk memaksimalkan kegiatan IPDMIP di Nusa Tenggara Barat, dilakukan rapat persiapan, Senin (15/3/2021). Persiapan itu meliputi kegiatan pelatihan refresher, kegiatan pelatihan new staff dan kegiatan pelatihan rantai nilai.

Pertemuan rapat ini dibuka oleh Kepala Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltanbun) Provinsi NTB, dan dihadiri oleh Tim Pertanin IPDMIP Provinsi NTB, Widiya Iswara Provinsi NTB, Penyuluh Provinsi NTB, Konsultan OGO, dan Konsultan Regional 7 Pertanian. Dalam pertemuan ini membahas terkait persiapan pelatihan yang akan dilaksanakan pada minggu ke 3 dan ke 4 bulan Maret 2021.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)