Sepak Terjang LeBron James: Mulai dari Punya2% Saham Liverpool hingga Diramal Masuk Klub Atlet Terkaya Sejagat

Kamis, 18 Maret 2021 - 09:39 WIB
loading...
Sepak Terjang LeBron James: Mulai dari Punya2% Saham Liverpool hingga Diramal Masuk Klub Atlet Terkaya Sejagat
Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Isu kepemiilkan saham LeBron James , maha bintang bola basket Amerika Serikat, di klub sepak bola Lipervool FC kembali mencuat. Gara-garanya, manajemen Fenway Sports Group (FSG) mengungkapkan lagi kabar tersebut, kemarin (17/3). FSG merupakan pemilik klub Lipervool.

Sejatinya, LeBron telah memegang saham FSG atau menjadi pemilik sebagian dari Liverpool FC sejak 2011. Saat itu dia membeli 2% saham klub itu seharga 4,7 juta pound atau sekitar Rp94 miliar (kurs Rp20.103). Saat ini 2% saham LeBron di Liverpool FC bernilai lebih dari £ 37 juta atau setara Rp743 miliar.

"LeBron bersama mitra bisnisnya, Maverick Carter, akan menjadi sosok kulit hitam pertama dalam sejarah FSG," demikian tulis BBC News, Rabu (17/3/2021). ( Baca juga:711.627 Formasi Dibuka untuk CPNS dan PPPK, Ini Rinciannya )

LeBron memang kesohor bukan sebagai atlet basket yang memiliki penghasilan jumbo belaka. Dia juga mahsyur karena kemampuannya menjadi seorang entrepreneur.

Masih bersama rekannya, Maverick, LeBron terjun ke binsis produksi penyiaran TV yang diberi nama SpringHill Entertainment. Tahun lalu, Bloomberg mengabarkan bahwa perusahaannya itu telah mendapatkan suntikan modal sebesar USD100 juta dari sejumlah investor, termasuk Elisabeth Murdoch, putri kedua Rupert Murdoch, triliuner pemilik jaringan bisnis media global.

Dengan segala pendapatan dari aktivitas olahraga dan bisnisnya, LeBron menjadi salah satu atlet paling tajir di dunia. Celebrity Net Worth memperkirakan kekayaan LeBron mencapai USD500 juta atau sekitar Rp7 triliun (kurs Rp14.000).

Seorang analis dari Forbes meramal, pendapatan LeBron bisa menembus USD1 miliar dan kekayaannya juga sebanyak itu ketika dia pensiun dari basket. Pendapatan itu disumbang dari profesinya sebagai atlet, baik bayaran kontrak klub basket ataupun dari endorse beberapa produk terkemuka, semacam Nike. Saat ini LeBron mendapatkan USD20 juta per tahun dari Nike dalam bentuk gaji dan pembayaran royalti untuk lini sepatu khasnya. ( Baca juga:Kubu AHY dan Moeldoko Butuh Strategi Politik yang Kuat untuk Perang Terbuka )

Dengan jumlah kekayaan yang bakal terus menggelembung, LeBorn diperkirakan bakal masuk ke dalam billion dollar athlete club. Di klub ini sudah bertengger nama-nama atlet sugih sejagat, seperti Michael Schumacher (USD1 billion), Floyd Mayweather (USD1,1 billion) Jack Nicklaus (USD1,15 billion), Arnold Palmer (USD1,35 billion), Tiger Woods (USD1,65 billion) and Michael Jordan (USD1,9 billion).
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)