Potensi Ekspor Besar, Wapres Ingin Sertifikasi Halal One Stop Service

Jum'at, 19 Maret 2021 - 14:28 WIB
loading...
Potensi Ekspor Besar, Wapres Ingin Sertifikasi Halal One Stop Service
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut potensi produk halal Indonesia sangatlah besar, karena itu Ia ingin agar menyangkut sertifikasi halal supaya one stop service. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut potensi produk halal Indonesia sangatlah besar. Secara khusus adalah untuk produk-produk makanan dan minuman halal hasil produksi dalam negeri.

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan, bahwa komitmen kuat dari pemerintah untuk mendorong industri produk halal diwujudkan melalui beberapa kebijakan. Seperti misalnya dengan pembentukan kawasan industri halal dengan sistem one stop service untuk proses sertifikasi halal .

“Nantinya kita ingin layanan menyangkut sertifikasi halal supaya one stop service,” ujarnya dalam keteranganya, Jumat (19/3/2021).



Wapres menjelaskan, semua kegiatan yang menyangkut sertifikasi halal akan dilakukan di Kawasan Industri Halal. Ada Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan ditempatkan dalam satu kawasan.

“Jadi semua urusan diselesaikan di tempat. Itu yang sedang kita upayakan. Itu sudah menjadi komitmen Kemenko Perekonomian dan juga Kementerian Perindustrian,” kata Wapres.



Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman menndukung upaya pemerintah untuk mendorong produk halal dalam negeri agar bisa go internasional. Mengingat, potensi dari produk halal khususnya makanan dan minuman sangat besar.

“Kontribusi kita (industri makanan minuman) terhadap ekspor tinggi. Tahun lalu, ekspor kita mencapai USD31 juta. Perkiraan kasar, kalau 80 persennya saja halal, maka nilai kita USD24 juta lebih,” jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)