Bela UMKM, Mendag Segera Panggil Tokopedia hingga Lazada

Jum'at, 19 Maret 2021 - 18:36 WIB
loading...
Bela UMKM, Mendag Segera Panggil Tokopedia hingga Lazada
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamad Lutfi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi akan memanggil para pelaku usaha e-commerce guna mengatur diskon dalam perdagangan yang berpotensi mematikan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Lutfi mengaku sudah berbicara dengan banyak stakeholder besar seperti Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Indonesia champion yaitu Tokopedia, Blibli, Bukalapak dan Traveloka, Serta pemain Internasional yaitu Shopee dan Lazada.

“Jadi, saya sudah panggil semuanya. Kita bicara terbuka, saya sudah utarakan ke mereka pemerintah ingin punya marketplace yang level equal playing field, artinya punya kesetaraan,” kata Lutfi dalam konferensi persnya, Jumat (19/3/2021).



Dia menjelaskan bahwa pemerintah menginginkan perdagangan yang punya kesetaraan sehingga terciptan ekosistem yang adil dan punya manfaat. Dalam hal ini, Kemendag akan mengatur mengenai diskon yang besar-besaran. Sayangnya Lutfi belum mau merincikan aturan tersebut.

“Filosofinya kita akan jaga yaitu perdagangan yang adil dan perdagangan yang bermanfaat, artinya kalau dia tidak adil, saya akan atur. Kalau yang asing makan yang lokal, saya akan atur, kalau yang lokal injek pedagang UMKM-nya, saya akan atur,” terangnya.

Sekedar informasi, aturan untuk memberi pembatasan diskon ini dilakukan agar prilaku predatory pricing atau permainan harga bisa dihilangkan supaya pelaku UMKM tidak menjadi korban.



“Jadi saya sekarang sedang finalisasi antar Kementerian dan saya akan panggil lagi pemain-pemain tersebut akhir bulan ini. Sebelum puasa, Insha Allah akan selesai,” tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2530 seconds (0.1#10.140)