PR Jokowi Buat Teten: Evaluasi Pertumbuhan Kewirausahaan Indonesia

Sabtu, 27 Maret 2021 - 22:18 WIB
loading...
PR Jokowi Buat Teten: Evaluasi Pertumbuhan Kewirausahaan Indonesia
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan catatan mengenai target kewirausahaan. Ia diminta Jokowi untuk mengevaluasi pertumbuhan kewirausahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan catatan mengenai target kewirausahaan . Ia diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengevaluasi pertumbuhan kewirausahaan Indonesia yang mengalami stagnansi di angka 3,47%, di mana sebanyak 98% kewirausahaan masih didominasi usaha mikro yang pendapatannya di bawah UMR.



Angka tersebut tergolong rendah jika dibandingkan dengan Singapura, yang jumlah wirausahanya mencapai 8,5%, maupun Malaysia dan Thailand masing-masing di angka 4,5%.

"Strategi besarnya bukan nambah ultra mikro makin banyak, tapi harus didorong usaha mikro ini naik, yang kecil dan menengah makin besar. Sektor formal diperbesar sehingga penyerapannya ke mikro akan lebih besar lagi," ungkap Teten Masduki.



Target besarnya, lanjut Teten, di 2045 Indonesia menjadi negara terbesar keempat. Untuk mewujudkan itu, jumlah wirausaha harus didorong.

"Syaratnya itu minimal jumlah wirausaha kita 4 persen dari jumlah penduduk. Selain itu, kami juga diminta menaikkan porsi kredit perbankan saat ini di kisaran 19 persen menjadi jauh lebih besar lagi," imbuhnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)