Pelaku UMKM Sangat Membutuhkan Komunitas Usaha yang Sehat

Minggu, 28 Maret 2021 - 03:32 WIB
loading...
A A A
Dia berharap, dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan anggota UMKM anggotanya dalam berbagai hal. Mulai dari kemasan hingga inovasi pada produknya yang nantinya terus dapat meningkatkan produktivitas.

Salah satu produk UMKM yang lulus pelatihan ini adalah Sankimo Urinoir Bag. Produk tersebut merupakan kantong urin yang didesain untuk segala kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa, dan manula, pria atau wanita saat berpergian ataupun dalam perjalanan umrah hingga ibadah haji.

"Sudah ada tiga orang anggota kami lulus pelatihan alumni APO. Mereka punya usaha kopi, bakso, dan Sankimo yang merupakan kantong kencing tapi ada bubuknya laku dirubah jadi pupuk," jelasnya.

Dalam komunitas seperti ini kunci sukses menurutnya harus mau saling turunkan ego pribadi. Dia selalu mengingatkan agar jangan saling banting-bantingan tapi harus berteman. Karena semuanya pasti saling membutuhkan.

"Contohnya sekarang jelang puasa mereka sudah saling kombinasikan produk untuk bikin parsel. Produk batik bisa dijual paketan dengan bawang goreng atau madu. Kalau sudah begini saya selalu senyum sendiri, bahagia," tutupnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)