Earth Hour, Pertamina Padamkan Listrik Perumahan Selama 1 Jam

Minggu, 28 Maret 2021 - 18:00 WIB
loading...
Earth Hour, Pertamina Padamkan Listrik Perumahan Selama 1 Jam
Ilustrasi earth hour. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai Bentuk kepedulian terhadap kelestarian Planet Bumi, Pertamina menggelar kegiatan Earth Hour di berbagai lokasi di Indonesia. Di Kabupaten Indramayu, kegiatan berlangsung di area Perumahan Pertamina Bumi Patra, Sabtu (27/3).

Earth Hour yang diadakan di RU VI Balongan dilaksanakan dengan melakukan pemadaman lampu di area perumahan selama 1 jam, yakni pada pukul 20:30-21:30.

Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) Pertamina RU VI Balongan Agus Sujono mengungkapan, acara yang digelar di area Helipad RU VI ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak seluruh pekerja RU VI beserta keluarga untuk peduli terhadap lingkungan.



"Selama 1 jam kita bersama memadamkan lampu agar bumi bisa istirahat sejenak dari banyaknya polusi cahaya. Saya harap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran dan awareness kita terhadap perubahan lingkungan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (28/3/2021).

Senada, Sekjen SP-PBB Wawan Darmawan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bukti untuk ikut berkontribusi terhadap penyelamatan Bumi. "Sebagai perusahaan energi kita mendukung gerakan penyelamatan lingkungan, dan mudah - mudahan dari kita memadamkan lampu selama satu jam ini ada kabar baik seperti bencana - bencana yang ada di bumi ini termasuk Covid-19 akan segeran sirna," tuturnya.

Sementara itu, Manager Health Safety Security and Enviroment (HSSE) Pertamina RU VI Balongan Rakhmat Ibnas menuturkan, melalui kegiatan Earth Hour ini penggunaan listrik berkurang sebesar 3.200 Kwh, yang artinya setara dengan mengurangi 1.129 Kg pembakaran batu bara. "Tentunya juga dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 2.500.000 Kg CO2," jelasnya.



Earth Hour sendiri merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh World Wide Fund (WWF) yang diadakan setiap tahun tepatnya pada akhir Bulan Maret. Kegiatan tersebut mengajak masyarakat dunia untuk berpartisipasi dalam mengatasi isu lingkungan dalam bentuk pemadaman lampu selama satu jam.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)