Kabar Baik! Lansia Surabaya Kini Bisa Vaksinasi Drive Thru

Selasa, 30 Maret 2021 - 15:37 WIB
loading...
Kabar Baik! Lansia Surabaya Kini Bisa Vaksinasi Drive Thru
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 , Pemerintah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat khususnya bagi lansia. Salah satunya layanan drive thru (layanan tanpa turun) yang dapat memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19 tanpa harus turun dari kendaraan.

“Semua peduli terhadap pandemi. Kalau semua stakeholder ikut berperan seperti ini, Insya Allah pandemi cepat selesai dan kehidupan bisa normal kembali,” tegas dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS juga Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes melalui keterangan resminya, Selasa (30/3/2021).



Layanan tersebut resmi diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan berkat kerjasama antara Halodoc, Gojek dan Technoplast serta seluruh pemangku kepentingan. Pelayanan vaksinasi Covid-19 melalui layanan tanpa turun kendaraan bagi lansia merupakan pertama di Provinsi Jawa Timur digelar di Kampus Universitas Surabaya.

"Ini kebanggaan luar biasa dengan dibukanya drive thru merupakan pertama di Jawa Timur," kata VP Regional Public Policy & Government Relations Gojek Gautama Adi Kusuma saat pembukaan drive thru di Kampus Ubaya.

Sebagai kolaborator, salah satu perusahaan asal Indonesia kini telah berhasil memproduksi kotak vaksin (insulated vaccine carrier/IVC) dengan dilengkapi beragam teknologi pengunci dingin terbaru. Kotak vaksin produksi Technoplast ini diketahui memiliki kualitas di atas rata-rata produk sejenis asal India dan Tiongkok, serta siap dijadikan sebagai perangkat pendukung utama pendistribusian vaksin Covid-19 ke seluruh masyarakat di Indonesia.

Kotak vaksin yang diberi nama Technoplast Insulated Vaccine Carrier dengan kode IVC228TP ini, dinyatakan lulus uji oleh balai sertifikasi Sucofindo mampu memberikan kestabilan suhu ruangan antara 2 sampai 8 derajat celcius dalam rentang waktu 48 jam atau dua hari, meski suhu di luar ruangan mencapai 30 derajat celcius.

Tantangan besar yang harus mendapatkan perhatian serius saat ini adalah masalah pendistribusian vaksin Covid-19 ke seluruh penjuru tanah air. Bagaimana memastikan kualitas vaksin tetap terjaga hingga proses penyuntikan dilakukan khususnya antara provinisi ke kabupaten/kota, dan selanjutnya ke Desa/Kecamatan.

"Ini sangat penting, karena dapat membantu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap efektivitas dan khasiat vaksin. Perangkat pendukung, khususnya kotak vaksin, adalah faktor kunci disamping proses distribusi rantai dingin yang terintegrasi," kata Direktur Utama Technoplast Ellies Kiswoto

Selain tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang juga mencapai 80 persen, daya angkut vaksin lebih banyak, IVC Technoplast ini juga disematkan teknologi geolocation IOT. IVC technoplast adalah perangkat cold chain distribution pertama di dunia yang dilengkapi oleh system IOT, yang merangkap sebagai tracking device dengan real time data.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)