Pengumuman, Tes GeNose Sudah Bisa Dipakai di 4 Bandara Ini

Kamis, 01 April 2021 - 11:45 WIB
loading...
Pengumuman, Tes GeNose Sudah Bisa Dipakai di 4 Bandara Ini
Alat tes GeNose C19. Foto/Dok SINDOphoto/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Mulai hari ini, penggunaan alat tes GeNose C-19 di moda transportasi udara mulai digunakan. Hal tersebut seiring dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan nomor 26 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, aturan ini untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021.

Sehingga, transportasi udara untuk perjalanan domestik akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai alat deteksi dini untuk pengecekan penumpang negatif Covid 19.



"Kami akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu alternatif persyaratan calon penumpang untuk dapat terbang, namun saat ini akan dimulai di 4 bandar udara,” ujarnya dalam keteranganya, Kamis (1/4/2021).

Novie menambahkan, 4 bandara yang akan menerapkan alat GeNose secara bertahap yakni Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda di Surabaya.

"Akan dimulai sejak 1 April 2021, meskipun akan terbatas, namun akan terus dilakukan penambahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaannya, dan penumpang juga dapat menggunakan RT-PCR dan Rapid Test Antigen,” jelasnya.



Dengan adanya SE ini diharapkan bisa membantu masyarakat. Karena semakin banyak pilihan alat uji coba covid-19 yang tersedia. “Dengan adanya SE ini diharapkan masyarakat memiliki lebih banyak pilihan untuk menggunakan alat uji Covid sebagai syarat perjalanan,” ucapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)