IPDMIP Dukung Kementan Capai Ketahanan Pangan

Jum'at, 02 April 2021 - 10:32 WIB
loading...
IPDMIP Dukung Kementan Capai Ketahanan Pangan
Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah (kanan) mendampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo pada kunjungan kerja di daerah. (Foto: BPPSDMP)
A A A
JAKARTA - Peningkatan kehidupan masyarakat perdesaan dan ketahanan pangan melalui pengembangan pertanian beririgasi berkelanjutan adalah tujuan proyek Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP). Proyek IPDMID bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) yang diadakan di 74 kabupaten dari 16 provinsi di Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengharapkan IPDMIP dilaksanakan secara maksimal. Dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kepentingan masyarakat perdesaan, khususnya bagi petani dalam mendukung pencapaian ketahanan pangan.

(Baca juga:Upaya Jaga Harga Gabah, Ini yang Dilakukan Kementan)

Dengan IPDMIP, kata Mentan Syahrul, bisa menggenjot produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi. “Diharapkan pendapatan petani naik sehingga kesejahteraan petani juga meningkat,” kata Mentan Syahrul dalam arahannya yang dikemukakan Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah pada Pertemuan Rekonsiliasi Laporan Keuangan IPDMIP Triwulan I/2021 di Bandung, Jabar, dalam keterangan tertulisnya , Jumat (2/4/2021).

Menurut Siti Munifah, hal itu sejalan dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi yang berharap alokasi anggaran Proyek IPDMIP 2021 untuk pusat dan daerah sebesar Rp285 miliar terserap optimal, minimal 95%.

(Baca juga:Kepala BPPSDMP Kementan Motivasi Penyuluh Food Estate Sumba Tengah)

Khusus untuk kinerja 2020, apresiasi bagi pengelola IPDMIP di pusat dan daerah. Realisasi 2020 menyumbang sekitar 53% dari total realisasi IPDMIP. “Tentu ini perlu diapresiasi dan menumbuhkan optimisme. Kalau kita bekerja cerdas, all out secara cermat, cepat dan akurat, kita bisa memenuhi komitmen kita,” kata Dedi Nursyamsi.

Siti Munifah menambahkan, IPDMIP bertujuan meningkatkan ketahanan pangan dan penghidupan masyarakat di perdesaan. Hal tersebut bisa dicapai dengan peningkatan pertanian beririgasi berkelanjutan.

(Baca juga:Media Sosial Kementan Raih Penghargaan di Ajang PR Indonesia Award)

Kementan khususnya BPPSDMP juga mendorong public private partnership di bidang penyuluhan pertanian. “BPPSDMP mendukung pengembangan penyuluh swadaya dan pos penyuluhan daerah irigasi. Dukungan, berupa pelatihan bagi ketua kelompok tani dan perkuat kemampuan petani melakukan penyuluhan pada petani lain, sebagai penyuluh swadaya,” katanya.

Welli Nugraha, penyelenggara kegiatan mengatakan tujuan pertemuan mewujudkan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel. Selain itu, penatausahaan Laporan Barang Milik Negara yang baik dan benar, sehingga laporan Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP) yang balance dan dapat dipertanggungjawabkan.

(Baca juga:Kementan Ajak Petani Gunakan Pestisida Hayati)

Penyelenggara pertemuan menghadirkan narasumber dari Kementan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rekonsiliasi ini dibagi menjadi dua kelas, kelas On Granting untuk keuangan atau reimbursement, dan kelas Perencanaan/AWPB. Hadir 12 lembaga provinsi selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU), 74 lembaga District Project Implementation Unit (PPIU) dan 16 On Granting Officer.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)