BRI Life Gandeng Aruna dan Qoala Tingkatkan Penetrasi Asuransi ke Nelayan

loading...
BRI Life Gandeng Aruna dan Qoala Tingkatkan Penetrasi Asuransi ke Nelayan
BRI Life menjalin kerja sama sinergis dengan Aruna dan Qoala. Foto/Ist
JAKARTA - Perusahaan asuransi jiwa, BRI Life terus mendorong penetrasi pasar untuk segmen mikro, termasuk pangsa pasar komunitas nelayan. Melalui produk perlindungan asuransi mikro, AM Prisma Plus, BRI Life ingin berkontribusi meningkatkan kualitas hidup para nelayan.

Baru-baru ini BRI Life menjalin kerja sama sinergis dengan Aruna dan Qoala untuk menyosialisasikan AM Prisma Plus ke daerah pesisir bagi nelayan dan keluarganya, dengan premi terjangkau dan pengurusan yang mudah.

Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life, Anik Hidayati mengatakan, sinergi antara BRI Life, Aruna dan Qoala melalui penandatanganan MoU yang dilakukan pada Kamis (1/4) lalu, merupakan momentum penting bagi BRI Life.

"Kami optimis, kerjasama ini akan berjalan dengan sangat baik dan prospektif, di samping akan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat mikro, dalam hal ini nelayan," kata Anik dalam keterangannya, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Ancaman Bocor Data Pribadi di Tengah Masifnya Produk Asuransi Digital



Adapun lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk penetrasi asuransi mikro AM Prisma Plus ini adalah Wilayah Masalembu yang secara geografis terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok.

Pertemuan tiga kawasan perairan ini menciptakan kekuatan fisis interaksi laut dan atmosfer secara alami, dengan risiko kecelakaan yang tinggi. Namun, perairan ini juga memiliki potensi ikan yang berlimpah dan beragam, sehingga tak heran jika mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan meskipun risiko melaut sangat tinggi. Asuransi mikro AM Prisma Plus ini juga akan diperkenalkan di Ujung Genteng, Jenebora dan Papaan.

Anik menjelaskan, AM Prisma Plus merupakan asuransi mikro yang pembayaran preminya hanya sekali pada awal kepesertaan, yakni Rp50 ribu untuk perorangan atau dapat juga dibeli paket bersama pasangan seharga Rp90 ribu dan selanjutnya tidak dikenakan lagi selama satu tahun masa berlaku kepesertaan. Produk asuransi dari BRI Life ini memberikan santunan kematian akibat kecelakaan hingga Rp19.500.000.

"Melalui asuransi ini, nelayan juga dapat melakukan klaim sebesar Rp5 juta untuk santunan cacat fisik akibat kecelakaan, beserta tambahan biaya operasi, santunan rawat inap, dan kematian wajar," jelasnya.

Baca juga: Ikan Paus Hidup Terdampar di Laut Tuban, 10 Perahu Nelayan Dikerahkan Evakuasi



Co-founder dan General Director Aruna, Utari Octavianty mengatakan, nelayan merupakan mitra strategis yang perlu diperhatikan juga kesejahteraannya apalagi melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi.

"Untuk itu kami mengajukan kerja sama dengan Qoala sebagai platform asuransi digital untuk menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Nantinya, para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan KK kepada para Local Heroes di Aruna Site dan tim kami ini yang menginput datanya ke platform Qoala,” tuturnya.

Co-founder dan COO Qoala, Tommy Martin menjelaskan, aplikasi Qoala sangat mudah digunakan dan bisa diakses dengan cepat melalui smartphone. Untuk urusan keamanan data, Qoala saat ini tercatat dalam Sandbox OJK di klaster Insurtech.

Baca juga: Terus Merugi, LG Resmi Menutup Bisnis Smartphone

“Kami memiliki komitmen penuh untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Qoala, khususnya para nelayan. Asuransi seharusnya bisa melindungi para pekerja di garis terdepan, dan harus bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kerja sama Qoala dan Aruna ini kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” papar Tommy.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top