KKP Gandeng Pertamina, Ringankan Beban Masyarakat Pesisir Terdampak Covid-19

Rabu, 20 Mei 2020 - 18:55 WIB
loading...
KKP Gandeng Pertamina, Ringankan Beban Masyarakat Pesisir Terdampak Covid-19
Kementerian Kelautan dan Perikanan menggandeng Pertamina menyalurkan bantuan ke masyarakat pesisir terdampak Covid-19. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan menggandeng PT Pertamina Persero (CSR Pertamina Peduli) untuk membantu meringankan beban masyarakat pesisir terdampak pandemi Covid-19.

Hal itu diwujudkan dengan menyalurkan 300 paket sembako kepada masyarakat pesisir yang meliputi nelayan, petambak garam dan masyarakat pengelola wisata bahari.

Sembako yang diserahkan langsung oleh Dirjen PRL Aryo Hanggono kepada perwakilan kelompok masyarakat pesisir Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Karawang berjumlah masing-masing 100 paket. Penyerahan bantuan dilaksanakan dengan tetap mengacu pada protokol pencegahan Covid-19.

"Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Menteri Kelautan dan Perikanan bersama Pertamina kepada masyarakat pesisir, sekaligus mendekatkan KKP dengan mereka selaku garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan pangan baik ikan, garam maupun kegiatan wisata bahari yang juga menjadi kebutuhan penting masyarakat,” ujar Aryo di Indramayu, Rabu (20/5/2020).

"Setelah Indramayu dan Cirebon, selanjutnya kami akan sampaikan untuk masyarakat pesisir di Karawang," lanjut Aryo dalam keterangan yang diterima SINDOnews di Jakarta.

Khaeri selaku Ketua Kelompok Tirta Segara Babajaring V Kecamatan Kandanghaur, Indramayu mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Kami selaku nelayan sangat terbantu dan berterima kasih kepada pak Menteri dengan bantuan ini, apalagi saat ini mendekati hari raya Idul Fitri, tentu ini menjadi kebahagiaan keluarga kami," ungkapnya.

Hal senada juga dirasakan oleh perwakilan petambak garam, di antaranya koperasi garam Mina Babajaring Mulya, koperasi garam Mutiara Samudera, dan koperasi Bintang HTM Sejahtera.

Bantuan paket sembako juga disalurkan di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat secara simbolis kepada kelompok pengelola wisata bahari yang disaksikan oleh perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan serta anggota DPRD setempat. Bantuan tersebut selanjutnya diteruskan kepada para pengelola wisata bahari, nelayan, dan pelaku usaha perikanan lainnya.

Lebih jauh, Direktur Jasa Kelautan Miftahul Huda menyampaikan bahwa KKP tengah menyiapkan stimulus ekonomi dalam rangka percepatan penanganan dampak Covid-19 untuk masyarakat kelautan dan perikanan mulai dari nelayan, pembudidaya ikan, petambak garam dan pengolah atau pemasar hasil perikanan.

"Bantuan untuk petambak garam nantinya berupa dukungan kegiatan padat karya tunai, pengurangan beban transportasi, hingga sarana dan prasarana seperti gudang garam rakyat, tunel garam high grade, hingga penyediaan washing plant yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas garam. Diharapkan, dengan stimulus tersebut, perekonomian masyarakat pesisir akan cepat pulih," pungkas Huda.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)