Pengelolaan TMII Jatuh ke Tangan BUMN.......?

loading...
Pengelolaan TMII Jatuh ke Tangan BUMN.......?
Foto/MPI
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akan bekerja sama dengan badan usaha milik negara (BUMN) pariwisata untuk melanjutkan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) .

Ada dua BUMN pariwisata yang namanya mencuat untuk mengurus TMMI, yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko atau PT TWC Borobudur.

Namun, Direktur Barang Milik Negara (BMN) Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan kemungkinan BUMN pariwisata yang akan mengurus TMII adalah PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC). ( Baca juga:Keluarga Cendana Mangkir Sidang Gugatan TMII di PN Jaksel )

"Nanti akan dilihat, tapi kemungkinan TWC sih, saya belum terima proposal dari Seketariat Negara. Tapi setidak-setidaknya antara itu, tapi ke TWC," ujar Encep dalam video virtual, Jumat (16/4/2021).

Kata dia, pengelolaan TMII akan dilakukan dengan kerja sama pemanfaatan (KSP). Dari situ negara bisa mendapat kontribusi tetap per tahun, bagi hasil, dan kerja sama akan menjadi BMN setelah 30 tahun. ( Baca juga:PGN Perkuat Sinergi Dorong Daya Saing Industri di Jateng )



"Jadi kalau membangun sesuatu tahun ke-30 menjadi barang negara, itu yang akan diperoleh negara dari segi financial-nya ya, yang tadi saya bilang kontribusi tetap, profit sharing sama akhir kerja sama menjadi BMN," tuturnya.

Dia menambahkan TWC sebagai perseroan yang kuat dari segi keuangan sehingga tak perlu penyertaan modal negara (PMN). Justru bisa menghasilkan pendapatan untuk negara.

"Setneg kan bukan ahlinya di bidang wisata, dia akan melakukan kerja sama rencananya dengan BUMN apakah ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), atau TWC nanti akan dilihat. Kemungkinan TWC itu. Saya belum terima resmi proposalnya dari Setneg, tapi setidaknya antara itu, mungkin TWC," tandasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top