Sri Mulyani: Nyata! Perempuan Miliki Kecerdasan Dalam Berinvestasi

Rabu, 21 April 2021 - 13:46 WIB
loading...
Sri Mulyani: Nyata! Perempuan Miliki Kecerdasan Dalam Berinvestasi
Menkeu Sri Mulyani menegaskan bahwa kecerdasan perempuan dalam bidang investasi adalah hal yang sangat nyata. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan bahwa perempuan memiliki kemampuan dan ketertarikan untuk berinvestasi yang tak kalah dibandingkan lawan jenisnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penerbitan surat berharga pemerintah yang ternyata didominasi oleh kaum wanita.

"Perempuan juga dikenal memiliki kecerdasan di dalam berinvestasi. Hal ini terlihat bahwa dalam instrumen ritel di Indonesia yang diterbitkan oleh pemerintah," kata Sri Mulyani melalui konferensi pers secara virtual, Rabu (21/4/2021).



Sri Mulyani menyebutkan, investor perempuan yang berpartipasi pada obligasi ritel seri ORI017 mencapai 55,8%. Jumlah partisipasi investor perempuan ini meningkat saat penerbitan ORI018 yaitu mencapai 57,82% dan 58,25% pada sukuk ritel seri SR014.

"Ini menggambarkan bahwa literasi dan kapasitas perempuan untuk berpikir cerdas bagaimana mengamankan dana untuk keluarganya dan menginvestasikan di hal-hal yang produktif sangat-sangat potensial dan sangat nyata," bebernya.

Dia menambahkan, dimensi perempuan dan dimensi dukungan pada kelompok yang paling rentan itu penting karena menyangkut aspek keadilan. Sri Mulyani menambahkan, jika berbicara tentang ekonomi Islam yang berbasis syariah, maka nilai utamanya adalah mewujudkan keadilan, menjaga keadilan dan mempraktikkan keadilan.



"Karena itu saat kita mendesain kebijakan pemulihan ekonomi, landasan berpikir dan pendekatannya adalah aspek keadilan. Maka kita telah menjalankan nilai-nilai keislaman di dalam desain kebijakan pemulihan ekonomi," jelasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)