Erick Thohir Sebut Pandemi Bangunkan RI dari Tidur dan Kejar 4.0

Kamis, 22 April 2021 - 20:10 WIB
loading...
Erick Thohir Sebut Pandemi Bangunkan RI dari Tidur dan Kejar 4.0
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan bahwa implementasi teknologi industri 4.0 sangat penting di era pandemi Covid-19 saat ini. Menurutnya, penerapan teknologi itu dapat meningkatkan efektivitas kinerja dari perusahaan-perusahaan BUMN.

"Kita lihat bahwa teknologi adalah sebuah realitas yang terjadi pada saat ini. Alhamdulilah dengan pandemi kita dibangunkan dari tidur bahwa percepatan dari teknologi, digitalisasi dan inovasi harus terjadi di indonesia," kata Erick usai melakukan penandatangan MoU dengan Kementerian Perindustrian pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0), Kamis (22/4/2021).

Baca juga:Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL, Ini Susunan Terbarunya

Ia mengatakan bahwa inisiasi Indonesia Making 4.0 yang dilakukan Kemenperin adalah suatu inisiasi yang luar biasa. Ia mengharapkan MoU ini bisa memacu BUMN sehingga dapat bersaing dan melakukan percepatan pada operasional di masing-masing BUMN.

"Karena itu kita lanjuti inisiasi dengan sinergitas. INDI 4.0 adalah program yang saya rasa sangat penting dan sesuai dengan program yang baru saja diluncurkan di KBUMN yaitu transformasi BUMN secara menyeluruh," ujarnya.

Baca juga:Habib Rizieq Murka di Persidangan, Jaksa Ditunjuk-Tunjuk dan Singgung Pidana Maulid Nabi

Erick menambahkan bahwa saat ini sudah sebanyak 17 dari total 107 perusahaan BUMN telah melakukan asesmen INDI 4.0 pada tahun 2019 dan tahun 2020, di antaranya PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Pegadaian (Persero).

"Dari laporan yang saya dapatkan itu baru 17 BUMN. Saya berharap setiap bulan kita bisa review bersama sehingga jumlahnya bertambah secara signifikan. Karena kita mau tadi Indonesia bangun dari tidur. Nanti kita akan push lagi supaya mereka bisa masuk. Kita targetkan dalam satu tahun ini kalo bisa semua sudah bisa masuk dalam asesmen ini," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)