Terbang ke Malang, Luhut Bahas Poyek Jalan Tol hingga Kawasan Industri

Senin, 26 April 2021 - 20:30 WIB
loading...
Terbang ke Malang, Luhut Bahas Poyek Jalan Tol hingga Kawasan Industri
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahas sejumlah proyek jalan tol hingga KEK di Malang, Jawa Timur. FOTO/Avirista Midaada
A A A
KOTA BATU - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan , mengunjungi Kota Batu guna membicarakan investasi dan progres pembangunan potensi pariwisata di Malang raya. Kedatangan Luhut Panjaitan ke Kota Batu pada Senin siang (26/4/2021), disambut tiga kepala daerah di Malang raya.

Di Kota Batu, Menko Marves Luhut Panjaitan juga turut membicarakan sejumlah proyek strategis infrastruktur untuk menunjang investasi di Malang raya. Sejumlah proyek mulai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), jalan tol Malang - Kepanjen dan Batu - Kediri, hingga rencana pembangunan kereta gantung di Kota Batu yang juga melintasi wilayah Kabupaten Malang.



Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan menyatakan, pihaknya melihat potensi Malang Raya menjadi suatu kawasan ekonomi, investasi, dan wisata cukup besar, apalagi di Malang Raya juga terdapat banyak perguruan tinggi negeri yang berkualitas. "Saya lihat wisata, perguruan tingginya juga cukup bagus, ekonominya cukup ideal, bagaimana kepala daerah antar wilayah ini harus bersinergi, tanpa sinergi, tidak bisa jalan," kata Luhut Panjaitan di Graha Pancasila, Kota Batu.

Luhut menambahkan, potensi UMKM juga turut menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi dan investasi yang ada di Malang raya. "Saya lihat beberapa ribu jumlah UMKM ada di Malang raya ini, data ekonomi itu riil. Dan itu bisa jadi tulang punggung ekonomi istilahnya. Banyak universitas - universitas yang kita dorong," tuturnya.

Belum bila nantinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari yang berada di Kabupaten Malang beroperasi penuh. Diprediksi perekonomian di Malang raya bisa meningkat, mengingat basis KEK nantinya didorong dari bawah dengan menyasar bidang wisata dan teknologi.
Apalagi disebut Luhut potensi anak muda dan generasi milenial yang berkualitas cukup besar dengan adanya beberapa perguruan tinggi yang bagus.

"Malang raya ini jumlah penduduk sangat banyak dengan anak - anak muda milineal. KEK Singosari akan kita lihat, dan akan kita minta data lagi. Harus kita dorong, banyak KEK itu nggak jalan. Tapi kami sekarang mendorong KEK itu bisa jalan," paparnya.



Pihaknya juga berjanji bakal mengakomodasi daerah di Malang raya misalnya ada kesulitan melakukan perizinan lantaran berbenturan dengan instansi lain, sebagaimana yang menjadi keluhan Bupati Malang terkait pengelolaan potensi pantai di Malang selatan yang juga masuk wilayah Perhutani. "Mengenai pantai tim saya sudah lihat memang potensinya bagus, nanti biar kita komun
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)