Kelola Kebutuhan Rumah Tangga, Perempuan Makin Melek Investasi

Rabu, 28 April 2021 - 19:58 WIB
loading...
Kelola Kebutuhan Rumah Tangga, Perempuan Makin Melek Investasi
Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Partisipasi perempuan di pasar modal semakin bertumbuh setiap tahunnya. Meskipun saat ini pasar modal masih didominasi laki-laki, komposisi jumlah investor perempuan terus menunjukkan peningkatan.

CEO MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan, perempuan melek investasi karena perempuan memegang tanggung jawab utama dalam mengelola kebutuhan rumah tangga.

“Laki-laki itu memang size otaknya lebih besar, tapi perempuan itu punya memori dalam otaknya yang lebih besar dan memori dalam mengolah informasi. Jadi, perempuan itu bisa dibilang inget ya sama kejadian yang sudah lewat-lewat. Ini salah satu advantage-nya dari perempuan,” katanya dalam acara IGICO Advisory & D'ORIGIN Financial & Business Advisory secara virtual, Rabu (28/4/2021).



Menurut dia, dengan keunikan tersebut perempuan bisa mengolah banyak implemasi dalam waktu yang bersamaan. Serta, perempuan juga bisa melihat dalam berbagai angle yang berlainan dan bisa mengambil keputusan yang cepat.

Susy menjelaskan, investasi penting untuk perempuan. Pertama karena perempuan memiliki peranan penting dalam membentuk kebiasaan pengelolaan keuangan kepada generasi selanjutnya. Kedua, pendapatan perempuan cenderung lebih rendah daripada laki-laki. Ketiga, pilihan kerja bagi perempuan itu lebih terbatas.

“Ada budaya yang berkembang selama ini di masyarakat kita, bahwa perempuan dengan stigmanya di beberapa daerah masih terjadi yang namanya kekerasan ya kalau dibilang hanya masalah gender,” jelasnya.



Selain itu, kata Susy, angka literasi dan inklusi keuangan perempuan ini juga lebih rendah. Akan tetapi, perempuan memiliki angka harapan hidup lebih tinggi. Ini yang kemudian menyebabkan perempuan memegang peranan yang penting.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)