Majukan Perekonomian, BI Dorong Pemberdayaan Perempuan

Rabu, 28 April 2021 - 20:58 WIB
loading...
Majukan Perekonomian, BI Dorong Pemberdayaan Perempuan
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Foto/Dok SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti menyampaikan bahwa perempuan memiliki potensi untuk lebih berdaya. Menurut dia, jika Indonesia memberdayakan perempuan, maka ekonomi Indonesia juga akan semakin potensial.

“Laporan World Bank studi terbaru kalau ada 25% lagi perempuan di kelompok angkatan tenaga kerja, maka PDB Indonesia akan bertambah yaitu sekitar 2,9% dari PDB kita. Betapa potensinya perempuan di Indonesia,” ujar Destry dalam acara IGICO Advisory & D'ORIGIN Financial & Business Advisory secara virtual, Rabu (28/4/2021).



Dia menuturkan, Ibu Kartini merupakan sosok yang mengedepankan kesetaraan dan persamaan hak untuk pendidikan dan berkarya antara perempuan dan pria. Oleh karena itu, semangat Ibu Kartini ini harus menjadikan perempuan lebih percaya diri dan merasa berharga.

“Perempuan memiliki kemampuan multitasking, yaitu bersikap lembut di dalam mengurus keluarga dan menjadi chief operator di dalam keluarga, serta chief operator financial di dalam keluarga. Jadi, perempuan berharga di dalam dunia kerja dan rumah tangga,” tuturnya.



Kemudian, Destry menjelaskan, Indonesia berada di peringkat ke-7 perempuan yang berkecimpung sebagai manajer di dunia kerja. Di mana, perempuan di Indonesia sebesar 56% yang menjadi manajer keuangan di dunia kerja.

“Insting perempuan di dalam mengelola keuangan sudah sangat baik di keluarga. Perempuan optimal di dalam mengelola keuangan. Kredit mikro dari bank banyak yang diberikan kepada perempuan di dalam dunia perbankan karena perempuan memiliki kecenderungan mengelola keuangan yang baik,” jelasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)