Bidik UMKM SPI Akan Tingkatkan Kapasitas Produksi

Jum'at, 07 Mei 2021 - 21:44 WIB
loading...
Bidik UMKM SPI Akan Tingkatkan Kapasitas Produksi
Perusahaan lokal melibatkan diri dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Untuk mendukung program pemerintah menciptakan ekosistem kendaraan listrik , sejumlah perusahaan telah mengembangkan kendaraan listrik termasuk yang menyasar segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) . Salah satunya PT Solar Panel Indonesia (SPI) produsen Gelis atau Gerobak Listrik yang akan meningkatkan kapasitas produksinya dalam rangka memenuhi kebutuhan UMKM di Jawa Barat. " Jumlah UMKM di Jawa Barat cukup besar, sehingga perlu didukung oleh kendaraan yang tangguh dan efisien,’’ ujar Chief Sales & Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI) Ary Tjahjono dalam keterangan tertulisnya Jumat (7/5/2021).

(Baca Juga : Ridwan Kamil Minta Perguruan Tinggi-Perusahaan Kolaborasi Ciptakan Kendaraan Listrik )

Dia mengunkapkan, saat ini, Gelis memiliki fasilitas produksi di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitasnya akan terus dikembangkan seiring bertumbuhnya permintaan pasar. Beberapa komponen telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali. Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi dan roda, masih diimpor. PT SPI akan terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seiring perkembangan.

Eko Wardhanawan salah satu distributor Gelis di Jawa Barat menambahkan, jaringan pemasaran akan ditambah hingga ke kawasan Priangan Timur. ’’ Gelis cocok untuk menopang usaha UMKM Di Jawa Barat, seperti Ciamis, Tasikmalaya, Garut, hingga Pangandaran memiliki potensi pasar yang besar,’’paparnya.

(Baca Juga : Serius Garap Mobil Listrik, Honda hanya Menjual Kendaraan Listrik di Masa Depan )

Kendaraan listrik ini dinilai efisien dan tidak membutuhkan maintenance yang rumit. Eko mengatakan, kendaraan listrik tersebut bisa digunakan sebagai sarana mobilitas UMKM untuk mendukung usahanya. Menurut dia, pihaknya juga sedang menyiapkan skema pembiayaan agar produk Gelis bisa dijangkau kalangan UMKM. ’’Kami juga memerlukan dukungan pemerintah daerah agar pajaknya nol seperti di Jakarta. Karena kendaraan ini bisa menggerakkan UMKM untuk menopang perekonomian daerah,’’ ujarnya.

Kualitas, performa dan durabilitas Gelis yang merupakan hasil kerja anak bangsa ini telah ditunjukkan melalui produk tipe pertama, yaitu GELIS 300. Berbekal motor elektrik berdaya 800 watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH, GELIS 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 km per jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 kilometer.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)