Menanti Izin Kembali Aktif Berbisnis, Pengusaha Siap Tancap Gas

Senin, 25 Mei 2020 - 20:12 WIB
loading...
Menanti Izin Kembali Aktif Berbisnis, Pengusaha Siap Tancap Gas
Para pengusaha sangat menantikan kapan aktivitas bisnis bisa aktif kembali, dan menekankan apabila besokpun jika pemerintah sudah memberikan izin, pengusaha sudah siap tancap gas. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, bahwa pengusaha sangat menantikan kapan aktivitas bisnis bisa aktif kembali. Seperti diketahui pandemi wabah corona atau Covid-19 telah melumpuhkan sebagian besar sektor bisnis.

"Jangankan bulan Juni, besokpun jika pemerintah sudah memberikan izin, pengusaha sudah siap tancap gas. Karena memang kondisi pelaku usaha saat ini sudah sangat sekarat, istilahnya staminanya sudah loyo akibat Covid-19 yang membatasi ruang gerak manusia. Padahal ruang gerak manusia/masyarakat selaku konsumen adalah modal utama aktivitas bisnis," ucap Sarman di Jakarta.

Ia mengatakan, pelaku usaha sektor pariwisata dan turunannya seperti hotel, restoran, kafe, travel, transportasi dan pusat hiburan, serta jutaan UMKM sudah pasti siap membuka kembali usahanya karena mereka sektor yang terlebih dahulu kena dampak sejak 2,5 bulan lalu.

"Kami pelaku usaha juga berharap agar pemerintah mempersiapkan grand desain strategi, langkah dan program apa yang harus dilakukan pasca Covid-19 ini berlalu dalam rangka percepatan pemulihan perekonomian nasional. Sudah selayaknya ada tim khusus yang memikirkan dan menyusunnya," ungkapnya.

Sarman mengusulkan, kepada pemerintah untuk membentuk Komite Percepatan Pemulihan Perekonomian Nasional (KP3N) yang bertugas segera merumuskan langkah taktis dan strategis dalam berbagai aspek, termasuk stimulus yang dibutuhkan agar pelaku usaha dapat berlari kencang dan semua sektor bangkit sehingga ekonomi bisa pulih kembali dalam waktu tidak terlalu lama.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)