Pantai Lihaga Likupang Siap Songsong Kebangkitan Pariwisata Sulut

Kamis, 20 Mei 2021 - 16:48 WIB
loading...
Pantai Lihaga Likupang Siap Songsong Kebangkitan Pariwisata Sulut
Pantai Lahiga, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Foto/Dimas C
A A A
MANADO - Pasir putih dan pemandangan nan yang molek di Pantai Lahiga, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara , Sulawesi Utara (Sulut) menjadi daya tarik yang tak pernah gagal memikat para wisatawan.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di Kecamatan Likupang yang menjadi lima destinasi super prioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).



Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) telah menyiapkan strategi untuk mendorong para wisatawan berkunjung ke KEK Likupang . Salah satunya melakukan pembenahan infrastruktur sekaligus pengembangan atraksi pendukung daerah sekitar.

"Dan yang tidak kalah penting disini adalah menyiapkan masyarakat setempat. termasuk upgrade suumber daya masyarakat lokal agar bisa mensupport pengembangan KEK," kata Staf Khusus Gubernur Sulawesi Utara Bidang Pariwisata Dino Gobel kepada MNC Portal saat mengunjungi Pantai Lihaga, Kamis (20/5/2021).

Dino mengatakan, terkait pembangunan insfrastruktur, pemprov Sulut mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian dalam hal ini Kemenparekraf dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kementrian PUPR ikut membangun infrastruktur jalan di KEK Likupang," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendorong para pengunjung, pemprov Sulut juga tengah menggodok pemasaran berbasis digital dengan para stakeholder travel agent. Dino juga memastikan, pihaknya akan membuka lapangan pekerjaan untuk warga lokal sebagai pengelola.



"Juga dari luar negeri sebelum dan selama pandemi berlangsung itu kita bina hubungan melalui virtual tourism seperti yang dari Eropa, China, itu terjaga," pungkasnya.

Diketahui, terdapat Lima destinasi wisata super prioritas yang menjadi fokus Kemenparekraf, yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Likupang sendiri kekinian telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Hal ini ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 tahun 2019. Terdapat banyak pantai eksotis yang dapat menjadi pilihan di Likupang, yaitu Pantai dan Bukit Pulisan, Pantai Paal, Pantai Lihaga, hingga Pulau Gangga.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)