Jokowi Minta Produk UMKM Dipajang di Etalase Terdepan Pusat Belanja

Kamis, 20 Mei 2021 - 19:31 WIB
loading...
Jokowi Minta Produk UMKM Dipajang di Etalase Terdepan Pusat Belanja
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok SINDOphoto/Muchtamir Zaide
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan berbagai langkah untuk menggenjot pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dia menegaskan perlunya membenahi ekosistem UMKM.

“Ekosistem usaha bagi UMKM terus kita benahi. UU Cipta Kerja juga telah memberikan kemudahan-kemudahan berusaha bagi UMKM. Memangkas regulasi yang rumit dan tumpang tindih. Memudahkan UMKM untuk membuka usaha baru,” ujarnya dalam Festival Joglosemar: Artisan of Java, Kamis (20/5/2021).



Mantan Gubernur DKI itu juga mengingatkan agar seluruh jajaran kabinet dan kepala daerah untuk memastikan eksekusi dari UU Cipta Kerja. Jokowi menekankan pentingnya mengawal implementasi, sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM.

"Reformasi struktural yang kita lakukan bukan hanya soal perizinan, tetapi akses pembiayaan telah dan akan terus dipermudah. Akses pasar juga dibuka seluas-luasnya,” ucapnya.

Kepala Negara juga meminta agar pendampingan bagi UMKM terus dilakukan terutama dalam pendampingan branding, packaging, dan marketing. Selain itu juga penguatan perlindungan bagi UMKM.



Tak lupa, Jokowi meminta agar semua pihak bergerak untuk mendukung kemajuan UMKM. “Beri tempat-tempat terbaik bagi UMKM kita untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya. Tempatkan produk-produk UMKM di etalase terdepan pusat-pusat perbelanjaan. Produk-produk UMKM harus lebih banyak mengisi bandara, rest area, tempat wisata dan tempat-tempat strategis lainnya,” tandasnya.

Jokowi pun meminta agar disiapkan lebih banyak ruang dan event virtual yang menarik agar produk UMKM semakin dikenal dan diminati. “Agar masyarakat semakin cinta dan bangga pada produk-produk Indonesia. Bukan hanya saat festival saja,” tutup dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)