Dukung Pengembangan UMKM, FIFGROUP Berikan Pelatihan

Selasa, 25 Mei 2021 - 23:30 WIB
loading...
Dukung Pengembangan UMKM, FIFGROUP Berikan Pelatihan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, kembali memberikan dukungannya untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan melakukan pembinaan dan pengembangan melalui program pelatihan.

Pelatihan ini dihadiri oleh lebih dari 400 UMKM yang merupakan hasil binaan program kolaborasi Grup Astra, yaitu FIFGROUP, Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, YDBA, Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA – MDR), dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM).

Baca juga:KSK Peduli Rumah, Perlindungan Optimal dengan Klaim Mudah dan Cepat

Human Capital (HC), General Support (GS), dan Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harhajati menyampaikan bahwa adanya pandemi Covid 19 saat ini menjadi pukulan keras bagi seluruh pengusaha, terutama bagi pelaku UMKM. Seiring dengan berangsur membaiknya kondisi perekonomian saat ini, FIF merasa perlu tetap memberikan dukungan bagi pelaku UMKM agar dapat lebih tangguh dalam bertahan dari terpaan krisis yang terjadi.

“Disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan sangat penting dilakukan oleh seluruh pelaku UMKM, pencatatan keuangan menjadi faktor penting dan merupakan fondasi kuatnya sebuah usaha untuk bisa bertahan dalam kondisi krisis seperti yang terjadi saat ini. Melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya,” kata Esther dalam membuka kegiatan Ngobrol Pintar Mengatur Keuangan UMKM, Selasa (25/5/2021).

Sementara itu, Lukas Iwan Setiadi yang merupakan purnabakti Finance Director Group United Tractors memberikan pembelajaran kepada seluruh UMKM binaan program kolaborasi Grup Astra tentang cara mengembangkan usaha.

“Lokasi jualan yang strategis, menjadi faktor pertama yang memengaruhi lakunya produk yang kita jual, seperti dekat sekolah, perkantoran, rumah sakit, dan lain sebagainya. Faktor kedua adalah strategi menetapkan harga jual, para pelanggan akan membeli produk atau jasa kita apabila harga yang ditawarkan masih dalam batas wajar dan terjangkau,” kata Lukas.

Faktor ketiga yang dapat memengaruhi lakunya produk yang dijual adalah kualitas yang ditawarkan. Contohnya untuk usaha yang bergerak di bidang kuliner menjual produk yang enak, segar, dan higienis atau usaha yang bergerak di bidang jasa seperti laundry ketika baju yang dicucinya harum dan rapi.

Faktor terakhir agar usaha sukses adalah dengan meningkatkan pelayanan yang diberikan untuk pelanggan, seperti pelayanan yang cepat, ramah, bisa dilakukan secara digital, dan lain-lain.

"Kunci utama dalam mempersiapkan finansial usaha yang lebih matang adalah perlunya pencatatan dan kontrol terhadap seluruh biaya, baik uang masuk dan uang keluar. Ini menjadi faktor penting dalam mengatur arus kas usaha yang dijalankan," kelasnya.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman, mengatakan dalam menjalankan program CSR, FIFGROUP memiliki empat pilar. Salah satu pilarnya merupakan pilar pemberdayaan masyarakat. Pada tahun 2021 ini, pilar ini akan difokuskan untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir.

Baca juga:Akui Hapus Semua Postingan Bela Palestina, Akhirnya Facebook Minta Maaf

“Tahun ini, kami memfokuskan program CSR pada pilar pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGROUP. Sehingga mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada akhirnya berdampak pada ekonomi nasional,” kata Yulian.

Selain memberikan pembiayaan tanpa bunga, melalui program ini, FIFGROUP juga berinisiatif untuk mengembangkan UMKM binaannya dengan cara menginisiasi memberikan beberapa program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)