Kenaikan Tarif PPN Bisa Beratkan Produsen dan Konsumen

Rabu, 26 Mei 2021 - 08:32 WIB
loading...
Kenaikan Tarif PPN Bisa Beratkan Produsen dan Konsumen
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan rencana kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) akan tetap dilakukan. Hal ini dilakukan dalam rangka menggenjot penerimaan pajak untuk memulihkan perekonomian.

Wakil Direktur Utama PT Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP), Liris Suryanto menilai isu kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) sangat mengkhawatirkan dari sisi perusahaan.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Kenaikan PPN Bukan Tahun Ini

Menurut dia, dari sisi konsumen juga jelas bakal memberatkan. Kemudian, dari pihak perusahaan seperti SCNP yang memproduksi alat elektronik rumah tangga pun harus melakukan penyesuaian harga.

"Tentunya mengkhawatirkan bagi konsumen karena pada akhirnya akan ada penyesuaian dari kami dan kita belum tahu berapa persen," kata Liris di Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Kata dia, bagi perusahaan tentu sudah menyiapkan langkah antisipatif jika ada kemungkinan kenaikan PPN. Namun menurutnya, jika naik 5% saja sudah cukup memberatkan karena perusahaan harus melakukan berbagai efisiensi agar tak memberatkan konsumen. "Kami jelas menaati pemerintah, namun di sisi lain kita harus mengatur agar harga tetap terjangkau bagi konsumen," katanya.

Baca juga: Hasil Penelitian, Mobil Listrik Mulai Digemari tapi Harganya Masih Mahal

Untuk itu, dia mengharapkan agar pemerintah lebih bijaksana lagi dalam menerapkan tarif kenaikan PPN saat ini. "Kita akan melakukan antisipasi jika kenaikan PPN berjalan," tandasnya.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1745 seconds (11.252#12.26)