Gelar AKI, Sandi Uno: Ekraf sebagai Penopang Ekonomi Indonesia

Sabtu, 29 Mei 2021 - 11:00 WIB
loading...
Gelar AKI, Sandi Uno: Ekraf sebagai Penopang Ekonomi Indonesia
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 resmi diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno tadi malam. Sandi mengulas balik ke awal pemerintahan Presiden Joko Widodo tahun 2015, yang menegaskan bahwa ekonomi kreatif menjadi tulang punggung perekonomian negara di masa depan.

Menurutnya, ekonomi kreatif merupakan salah satu alternatif sumber ekonomi baru. Untuk meningkatkan PDB dan meningkatkan pendapatan masyarakat di era industri 4.0, Sandiaga menekankan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus mendorong ekonomi kreatif.

Baca juga:Bitcoin Jatuh Sekali Lagi hingga Berada di Bawah USD36.000

"Sebagaimana sektor lainnya, sektor ekraf juga terdampak oleh pandemi Covid-19, yang tentu menyebabkan kreativitas dan produktivitas pelaku ekraf terhenti untuk sementara waktu," ujar Sandiaga dalam acara launching "Apresiasi Kreasi Indonesia 2021" secara virtual di Jakarta, yang dikutip Sabtu (29/5/2021).

Dia mengatakan, pelaku ekraf berhak memperoleh dukungan, baik dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengembangan ekosistem ekraf. Melalui acara AKI, diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengangkat potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif, khususnya subsektor kuliner, griya, fashion, musik, film, aplikasi, animasi, dan permainan yang jatuh karena efek pandemi.

"Sehingga nanti bisa meningkatkan daya saing, dan menciptakan produk-produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif, baik skala nasional maupun internasional, meneguhkan ekonomi kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi," jelas Sandiaga.

AKI 2021 merupakan program pengembangan ekraf melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekraf subsektor kuliner, griya, fashion, musik, film, aplikasi, animasi, dan permainan yang ada di 20 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Baca juga:Diduga Mencuri, Seorang Pria di Kebon Jeruk Jadi Bulan-Bulanan Warg a

20 kota tersebut antara lain Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan.

"Rangkaian acara AKI 2021 dimulai pada launching hari ini, dilanjutkan dengan registrasi pada website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com, para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kabupaten untuk mengikuti pameran dan bootcamp," ungkap Sandiaga.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)