Produsen APAR Menyasar Segmen Hunian di Kawasan Perkotaan

Selasa, 01 Juni 2021 - 17:48 WIB
loading...
Produsen APAR Menyasar Segmen Hunian di Kawasan Perkotaan
Meningkatnya kejadian kebakaran di ibu kota membuat produsen alat pemadam api ringan (APAR) menyasar segmen hunian. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Tingginya kasus kebakaran di Indonesia beberapa tahun belakangan menjadi pengingat akan pentingnya Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maupun Alat Pemadam Api Berat (APAB) bagi gedung perkantoran, apartemen bahkan rumah tangga. Berdasarkan data dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta , dalam satu hari, rata-rata ada empat kejadian kebakaran. Bahkan sejak 2016, jumlah kasus kebakaran di permukiman dan gedung ibu kota terus meningkat. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya Alat Pemadan Api Ringan (APAR) di gedung, apartemen hingga rumah.

(Baca Juga : Harga Apartemen Turun, Indeks Harga Properti Hunian Melandai )

Sales Manager PT Tulip Tonata Indonesia, Topik Dinata mengatakan, penggunaan APAR sebagai alat pemadam sangat mudah digunakan, dapat ditempatkan dimana saja, dan bersifat portable. Fungsi APAR di antaranya penanganan pertama pada saat awal terjadinya kebakaran. Memadamkan api saat akan terjadi kebakaran atau mencegah kebakaran yang lebih besar.

PT Tulip Tonata Indonesia merupakan salah satu produsen APAR hingga APAB memasarkan berbagai produk pencegahan kebakaran. ’’APAR untuk mencegah kebakaran, apalagi saat menjelang musim kemarau,” kata Topik. Tonata Indonesia memproduksi berbagai APAR dengan variasi isian berupa bubuk, busa (foam) dan gas karbondioksida. Dengan ukuran tabung 0,5 kg hingga 6 kg.

(Baca Juga : Cari Hunian di Jakarta tapi Dana Pas-pasan, Ini Solusinya )

Topik mengklaim APAR dan APAB Tonata saat ini telah mendapatkan sertifikat SNI ISO 9001:2015. Selain itu, juga sudah mendapat pengesahan dari International Accreditation Forum (IAF) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN). Tidak hanya itu, Tonata juga sudah melalui uji lab damkar. Selain alat pemadam api, Tonata juga memproduksi berbagai alat keselamatan. “Setiap produk telah lulus uji quality control untuk memastikan kualitasnya,” tuturnya.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)