Duet Bamsoet-Moeldoko Pimpin Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia

Rabu, 02 Juni 2021 - 23:16 WIB
loading...
Duet Bamsoet-Moeldoko Pimpin Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia
Bambang Soesatyo diangkat menjadi Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) diharapkan menjadi wadah yang menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesiaatau Periklindo resmi didirikan di Jakarta, Minggu (25/4). Asosiasi ini dibentuk sebagai wadah yang menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia.



KoordinatorAliansiMahasiswadanMilenialIndonesia(AMMI),Nurkhasanah mengatakan, bahwa dengan adanya Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia(Periklindo) sebagai wadah, harapannya mampu mendorong percepatan migrasi Indonesia ke kendaraan listrik.

"Mobil listrik ini tentunya bagian dari menjawab tantangan global, dengan adanya Periklindo sebagai wadah, harapannya mampu mendorong percepatan migrasi Indonesia ke kendaraan listrik. Ditambah lagi Pak Moeldoko dijadikan sebagai ketua Periklindo, mudah-mudahan bisa menjadi mitra strategis bagi pemerintah dalam pengembangan industri listrik," jelas Nurkhasanah.

Sambung Nurkhasanah mengungkapkan, bahwa Langkah percepatan kendaraan listrik tersebut tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Indonesia dalam menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca (CO2) sebesar 29% pada 2030, sekaligus menjaga energi khususnya di sektor transportasi darat.

"Apalagi, industri otomotif berkontribusi cukup signifikan bagi perekonomian nasional. dengan begitu peran periklindo di bawah ketua Moeldoko adalah bukti Indonesia berkontribusi penurunan emisi karbon," katanya.

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo diangkat menjadi Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo). Keberadaan Periklindo diharapkan mampu mendorong percepatan migrasi Indonesia ke kendaraan listrik.

Sejalan dengan arah perjuangan IMI yang mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"Saya menyambut hangat kehadiran Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) yang didirikan produsen mobil listrik MAB, Wuling Motor, dan DFSK. Keberadaannya eksklusif hanya untuk produsen otomotif kendaraan listrik, sehingga bukan menjadi saingan organisasi otomotif lainnya seperti Gaikindo," ujar Bamsoet usai menerima pengurus Periklindo, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Selasa (1/6).

Pengurus Periklindo yang hadir antara lain Ketua Umum Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Sekjen Tenggono Phoa dan Bendahara Umum Cing Hok. Sementara pengurus IMI Pusat hadir Hubungan Antar Lembaga Junaedi Elvis serta Publikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2305 seconds (0.1#10.140)