Prospek Bank Digital Sangat Besar, HT: Suatu Saat Akan Gantikan Bank Konvensional

Kamis, 03 Juni 2021 - 16:07 WIB
loading...
Prospek Bank Digital Sangat Besar, HT: Suatu Saat Akan Gantikan Bank Konvensional
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) di acara peluncuran MotionBanking dan Rebranding MotionPay di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Foto/Oktiani Endarwati
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) meyakini prospek perbankan digital dalam 5-10 tahun ke depan sangat besar. Perbankan digital menawarkan transaksi perbankan secara langsung, cepat, dan fleksibilitas tinggi bagi pengguna.

"Bank digital akan menjadi bank yang besar, saya yakin itu. Orang melakukan aktivitas perbankan tidak perlu lagi datang ke cabang atau berinteraksi. Mau buka deposito, nabung, pinjam uang, bayar apapun bisa dilakukan dalam satu transaksi," ujarnya seusai peluncuran MotionBanking dan Rebranding MotionPay di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (3/6/2021).



Perkembangan bank digital juga didukung perkembangan penggunaan perangkat elektronik digital seperti smartphone, tablet, komputer dan akses internet yang semakin baik. Saat ini, penetrasi internet di Indonesia terbilang sudah sangat baik yaitu 73% dan dibarengi penetrasi pengguna smartphone yang sudah mencapai 70%.

"Tentunya jika koneksi internet sudah bagus di seluruh Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil, pasti pengguna bank digital akan meningkat. Syaratnya memang koneksi internet harus bagus dan itu pasti akan terjadi di Indonesia," jelas HT.

Menurut dia, sisi regulasi pun sudah mengimbangi perkembangan perbankan digital di dalam negeri. "Itu surprising juga bagi saya. Bank Indonesia juga cepat dari sisi digitalnya dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga cepat dari sisi non-bank," ungkapnya.

Karena itu, jelas HT, MNC Group berkomitmen untuk mengembangkan digital financial services dan juga digital platform lainnya di bidang media dan semua bisnis yang dimilikinya. Hal ini juga yang mendorong MNC Group meluncurkan MotionBanking sebagai aplikasi perbankan digital dari MNC Bank untuk mendekatkan layanan perbankan kepada nasabah.



Dengan izin layanan pembukaan rekening secara online (digital onboarding), MotionBanking dirancang sebagai aplikasi perbankan terintegrasi yang menawarkan layanan yang lengkap mulai dari tabungan, transfer, pembayaran hingga kartu kredit, beserta UI/UX yang nyaman seperti login biometrik, notifikasi real-time, dan lain-lain.

"Kalau kita bicara MotionBanking, tentunya akan berkembang juga karena kami punya ekosistem. Yang jelas, suatu saat digital banking akan menggantikan bank konvensional," imbuhnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5214 seconds (0.1#10.140)