Masih Pandemi, Jumlah Lowongan Kerja Meningkat 31 Persen Setiap Bulan

loading...
Masih Pandemi, Jumlah Lowongan Kerja Meningkat 31 Persen Setiap Bulan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Meskipun pandemi Covid-19 belum kunjung usai, namun jumlah lowongan kerja mengalami peningkatan. Penyediaan lowongan kerja itu berasal dari berbagai jenis skala usaha, termasuk usaha kecil menengah (UKM).

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim, mengatakan lowongan kerja di Indonesia mengalami peningkatan 31% setiap bulannya pada 2021. Jobstreet pun membantu kalangan UKM dan perusahaan baru untuk melakukan proses rekrutmen secara online.

"Kami akan menyediakan pemasangan iklan lowongan kerja secara gratis dan berbagai jenis iklan lainnya untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen mereka," katanya dalam webinar Jobstreet career secara daring di Jakarta, Senin (7/6/2021).

Baca juga:BUMN Produksi Bom, Ledakannya Bisa Hancurkan Bangunan dan Bunker



Faridah menyebutkan iklan lowongan kerja gratis pada mobile dan desktop serta jenis iklan lainnya, yaitu Branded Ad dan Premium Ad untuk membantu perusahaan menarik kandidat berkualitas melalui employer branding dan iklan yang diprioritaskan.

"Dengan adanya iklan ini, UKM bisa mendapatkan kandidat yang berkompeten sesuai keinginan mereka," jelasnya.

Faridah menambahkan, sebanyak 75% pekerja Indonesia bersedia melatih kembali kemampuan mereka atau melakukan retrain. Kegiatan itu untuk menghadapi persaingan kerja yang kian ketat.

"Jika tidak melakukan retrain, mereka akan khawatir atau takut tidak dapat bersaing di dunia kerja mereka," kata Faridah.

Baca juga:Polisi Buru Perampok dan Pemerkosa Mahasiswi Cantik di Kamar Kos yang Terekam CCTV

Berdasarkan survei Jobstreet, terungkap ada sejumlah pekerjaan dan industri yang kandidat pekerjanya meluangkan waktu untuk belajar. Menariknya, kandidat yang bekerja di bidang IT dan teknologi industri berada peringkat tiga teratas.



Jenis pekerjaan yang dipelajari oleh para kandidat di antaranya seni dan pekerjaan kreatif, IT, media informasi, sains dan penelitian, engineering, hukum, digitalisasi, komunikasi dan layanan sosial. Jobstreet bekerja sama dengan Future Learn akan memberikan kursus gratis bersertifikat serta informasi eksklusif yang mampu mempersiapkan kandidat dengan pengetahuan yang tepat serta membantu dalam mengasah kemampuan.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top