Daftar Kilang Pertamina yang Pernah Dilalap Si Jago Merah

Minggu, 13 Juni 2021 - 10:30 WIB
loading...
Daftar Kilang Pertamina yang Pernah Dilalap Si Jago Merah
Kilang minyak Cilacap yang terbakar pada Jumat malam (11/6). Foto/MNCMedia
A A A
JAKARTA - Kebakaran kilang minyak di Cilacap , Jawa Tengah, pada Jumat malam (11/6) menambah panjang daftar kilang dan tangki milik Pertamina yang terbakar. Sebelumnya, Kilang Balongan di Jawa Barat juga dilalap si jago merah.

Secara keseluruhan Pertamina memiliki enam unit kilang minyak (Refinery Unit/RU) yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Total produksi di enam kilang tersebut mencapai 1.031 barel per hari (MBSD).

Tak cuma kilang, sejumlah depo milik Pertamina juga pernah mengalami kebaran. MNC Portal Indonesia merangkum kilang minyak dan depo Pertamina yang mengalami insiden kebakaran selama beberapa tahun lalu. Di antaranya:

Kilang Minyak Cilacap

Sebelum Kilang Cilacap kembali dilalap si jago merah terjadi pada Jumat malam kemarin. UP IV pernah mengalami insiden serupa pada Minggu, 9 Maret 2008 lalu. Kejadian ini bermula saat muncul kilatan api (flashing) di fin fan cooler (alat pendingin) di FOC I. Akibatnya, empat orang terbakar, dua di antaranya tewas.

Setahun berselang, kebakaran hebat pun kembali melanda kilang minyak tersebut. Kebakaran ini terjadi di areal unit pengolahan IV Pertamina Cilacap, sekitar pukul 08.10 WIB pada Rabu, 3 Juni 2009.

Tak hanya itu, pada 2016, kebakaran kembali terjadi. Kejadian tersebut terjadi pada tangki Asphalt yang tengah dalam perbaikan. Pihak Pertamina memastikan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Baca juga:Viral! Helikopter Naik Truk di Ciputat Tangsel

Kilang Minyak Dumai

Kejadian serupa juga terjadi di Kilang Unit II Dumai, Riau meledak. Akibat ledakan yang terjadi pada Minggu, 16 Februari 2014 atau pukul 23.00 WIB, sejumlah tangki berisi minyak mentah berhamburan dan terbakar mengenai rumah warga sekitar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)