IHSG Diramal Menguat, Intip Bocoran Saham Potensi Cuan Hari Ini

loading...
IHSG Diramal Menguat, Intip Bocoran Saham Potensi Cuan Hari Ini
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan hari ini. Pergerakan indeks akan berada di kisaran 6.050-6.131. Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi mengatakan, secara teknikal pergerakan IHSG menutup gap yang terbentuk pada pekan lalu dan tertahan pada support moving average 5 hari dengan potensi mencoba menguat diperdagangan selanjutnya.

"Indikator Stochastic dan RSI menjenuh dengan MACD yang bergerak pada kondisi overvalue. Sehingga secara teknikal IHSG berpotensi menguat dengan support resistance 6.050-6.131," ujar Lanjar dalam risetnya, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: IHSG Labil Tingkat Dewa, Dibuka Hijau Tiba-tiba Loyo

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal diantaranya; BNGA, BRPT, BSDE, CTRA, HMSP, INKP, JSMR. Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 8,65 poin atau 0,14 persen ke level 6.089,04 setelah sempat bergerak pada zona negatif sejak awal sesi perdagangan. Saham-saham pada sektor Basic Material (+2.85%) dan Teknologi (+1.70%) berhasil menopang pergerakan IHSG kembali kezona positif diakhir sesi.

Saham TPIA (+12.3%) naik signifikan disaat rencana pencarian sumber pendanaan cukup agresif ditahun ini guna memperkuat permodalan dan pembiayaan operasional. Selain itu data neraca perdagangan yang berhasil surplus dengan aktifitas eksport yang bertumbuh lebih tinggi menjadi salah satu faktor. Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar 239.74 miliar rupiah.

Baca Juga: Wah Enak Dong, Gaji PNS Mau Naik Lagi Nih!



Sementara itu, Bursa Asia ditutup bervariasi dengan penguatan pada indeks Nikkei (+0.96%) dan TOPIX (+0.80%) dan pelemahan terjadi pada indeks CSI300 (-1.11%) dan HangSeng (-0.71%) mengiringi terkonsolidasinya pergerakan indeks berjangka AS menanti pertemuan penting the Fed. Kemudian, Bursa Eropa membuka perdagangan dengan berada di zona positif. Indeks Eurostoxx (+0.35%), FTSE (+0.25%), DAX (+0.44%) dan CAC40 (+0.34%) naik dengan perusahaan kimia yang menjadi leader penguatan. Saham Eropa berada pada rekor pemecah rekor seperti tahun 1999.

Investor bersikap hati-hati menanti Uni Eropa-AS KTT berlangsung di Brussel pada hari Selasa dan Data produksi industri AS, harga produsen dan penjualan ritel. Selanjutnya investor akan terfokus pada Keputusan suku bunga Komite Pasar Terbuka Federal datang pada hari Rabu, dengan konferensi pers dari Jerome Powell setelahnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top