Cetak Laba Saat Perusahaan Migas Dunia Merugi, Pertamina Masih Punya PR

Rabu, 16 Juni 2021 - 22:59 WIB
loading...
Cetak Laba Saat Perusahaan Migas Dunia Merugi, Pertamina Masih Punya PR
Kinerja apik PT Pertamina (Persero) pada 2020 di tengah perusahaan migas dunia banyak merugi mendapatkan apresiasi dari Anggota Komisi VI DPR Herman Khaeron. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kinerja apik PT Pertamina (Persero) pada 2020 di tengah perusahaan migas dunia banyak merugi mendapatkan apresiasi dari Anggota Komisi VI DPR Herman Khaeron. Pertamina justru meraup laba bersih USD 1,05 Miliar atau sekitar Rp15,3 Triliun pada 2020 saat perusahaan minya dunia lain terseok-seok.

Terlebih, kinerja positif tersebut juga diraih Pertamina, pada saat mengalami tekanan pandemi Covid-19, yang menyebabkan anjloknya kebutuhan energi.

“Tentu saya memberikan apresiasi dan agar dipertahankan bahkan harus ditingkatkan ke depanya. Dan pekerjaan rumahnya adalah bagaimana dapat melakukan percepatan pembangunan berbagai unit bisnis baru, termasuk pengembangan kepada petrochemical,” kata Herman kepada media di Jakarta, Rabu (16/6/2021).



Pada saat bersamaan, memang banyak perusahaan migas dunia mengalami kerugian sangat besar. Shell, misalnya, pada 2020 merugi hingga USD 21,68 Miliar, BP yang rugi USD 20,31 Miliiar, Exxon Mobil yang mengalami kerugian hingga USD 22,44 Miliar, Total dengan kerugian mencapai USD 7,24 Milyar.

Lalu Chevron yang rugi sampai USD 5,5 Miliar, ENI dengan kerugian USD 9,53 miliar, dan Petronas dengan kerugian mencapai USD 5,54 Miliar. Bahkan kerugian BP, merupakan yang terparah dalam 10 tahun terakhir.

Herman menambahkan, kinerja positif Pertamina tersebut tak lepas dari keberhasilan BUMN tersebut meningkatkan efisiensi dan penataan bisnisnya. Faktor inilah yang membuat Pertamina semakin baik iklim usahanya. Selain itu, imbuhnya, juga sejalan dengan naiknya harga crude oil dunia yang juga meningkatkan pendapatan Pertamina.

Kinerja positif tersebut, juga menandakan bahwa restrukturisasi membawa manfaat dan tidak berpengaruh terhadap proses bisnis Pertamina. Bahkan ke depan, lanjut Herman dengan restrukturisasi, akan membuat Pertamina lebih adaptip terhadap investor.



Sebelumnya, dalam rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Pertamina memang menyampaaikan kinerja positif pada 2020. Selain mampu mencetak laba bersih sekitar Rp 15 Triliun, pada 2020 Pertamina juga tetap berkontribusi kepada Negara, yaitu sebesar Rp 126,7 triliun.

Jumlah tersebut meliputi setoran pajak sebesar Rp 92,7 triliun, dividen Rp 8,5 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 25,5 triliun. Kinerja keuangan tersebut juga diraih, ketika Pertamina harus menjalankan penugasan Pemerintah, seperti BBM 1 Harga, peningkatan TKDN, penanganan Covid-19, dan lain-lain.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)