Survei Membuktikan 99% UMKM Sudah Menikmati Bantuan, Banpres Jokowi Cair Rp11,76 T

Kamis, 17 Juni 2021 - 21:10 WIB
loading...
Survei Membuktikan 99% UMKM Sudah Menikmati Bantuan, Banpres Jokowi Cair Rp11,76 T
Stafsus Menkop UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari menyampaikan, berdasarkan hasil survei Lembaga Demografi FMB UI, 99% UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan pemerintah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Demi membuat sektor UMKM tetap hidup selama Pandemi Virus Covid-19, pemerintah sudah menggelontorkan beragam stimulus. Mulai dari bantuan modal kerja , subsidi kredit UMKM, hingga relaksasi bunga kredit perbankan.

Stafsus Menkop UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari menyampaikan, berdasarkan hasil survei Lembaga Demografi FMB UI, 99% UMKM sudah mendaftar dan menerima bantuan pemerintah.

"Lalu mayoritasnya membelanjakan bantuan tersebut untuk membeli bahan baku dan barang modal,” kata Fiki di Jakarta, Kamis (17/6/2021).



Menurutnya, Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro yang sudah tersalurkan hingga saat ini menggapai 9,8 juta usaha mikro atau setara dengan Rp11,76 triliun.

Jumlah tersebut mencapai 77% dari pagu anggaran yang totalnya sejumlah Rp16,36 triliun. Banpres produktif tahap kedua akan kembali dibuka pada bulan ini dengan menyasar 3 juta usaha mikro.

Selain itu, kata Fiki, Kemenkop-UKM tengah mengkaji pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM unggulan untuk mendapatkan kredit hingga Rp20 miliar. Hal ini bertujuan agar para pelaku usaha kecil Indonesia bisa bersaing di kancah global.

“Kita berharap ini bisa segera ditetapkan pemerintah,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Kecil & Menengah BRI, Amam Sukriyanto mengatakan, BRI fokus mendampingi UMKM selama pandemi virus corona.

"Total portofolio kredit BRI lebih dari 80 persennya adalah UMKM. Oleh karena itu BRI betul-betul berusaha menjadi mitra strategis pemerintah mengakselerasi program PEN 2021 ini,” kata Amam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3533 seconds (0.1#10.140)