Lewat Kewirausahaan, Prudential Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Papua

Rabu, 23 Juni 2021 - 18:49 WIB
loading...
Lewat Kewirausahaan, Prudential Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Papua
Ilustrasi. FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) turut berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah timur Indonesia. Bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), Prudential mendidik calon pengusaha mengembangkan bisnis melalui program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang kedua di Papua.

"Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda yang kini memasuki gelombang kedua merupakan wujud komitmen kami untuk membangun ekonomi di wilayah timur Indonesia," ujar Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia Nini Sumohandoyo melalui keterangan resminya, di Jakarta, Rabu (23/6/2021).



Ia menjelaskan, pada gelombang pertama berhasil menciptakan 33 pengusaha muda asal Papua yang memiliki komitmen berwirausaha yang luar biasa. Program tersebut memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh kaum muda Papua untuk memulai dan berhasil menjalankan bisnis secara mandiri, serta sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat memperoleh yang terbaik dalam kehidupan.

"Kini mereka telah berhasil mengembangkan usahanya lebih jauh lagi dan mengambil peran aktif sebagai pendorong perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat," kata dia.

Nina melanjutkan, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun lalu, Prudential Indonesia tetap berkomitmen melanjutkan program tersebut demi menciptakan para pengusaha muda baru Papua yang tangguh dan profesional. Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda merupakan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi kaum muda Papua berusia 18-35 tahun.

Program tersebut merupakan bagian dari inisiatif Community Investment Prudential Indonesia, di bawah pilar Pemberdayaan Indonesia Timur, untuk memberdayakan dan mensejahterakan komunitas lokal di Papua. Program ini menerapkan kurikulum internasional yang secara khusus telah disesuaikan untuk masyarakat di Papua. Memasuki gelombang kedua, Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah dimulai sejak 15 Desember 2020 dan akan berjalan hingga Juni 2022.

"Program ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan oleh kaum muda Papua untuk memulai dan berhasil menjalankan bisnis mereka sendiri, serta sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat memperoleh yang terbaik dalam kehidupan," kata dia.

Memasuki gelombang kedua, program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda telah berhasil menyeleksi 40 calon pengusaha muda lokal yang potensial dari total 282 peserta yang telah mendaftar. Selain program pelatihan dan pendampingan, peserta juga diberi kesempatan untuk memperluas jejaring mereka melalui forum-forum pertemuan dengan pengusaha yang difasilitasi oleh Prudential Indonesia dan PJI. Metode pelatihan secara daring justru memungkinkan para peserta program yang berada di Jayapura untuk dapat menggali ilmu dari para mentor bisnis yang mempunyai reputasi di tingkat nasional.

Chairman of the Executive Board Prestasi Junior Indonesia Pribadi Setiyanto mengatakan penyelenggaraan yang kedua ini pihaknya melihat adanya peningkatan minat dari kaum muda Papua untuk berpartisipasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya bidang usaha baru yang digagas di gelombang kedua program ini, seperti budidaya sayuran dan ikan, peternakan, dan kursus Bahasa Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)