Pandemi Masih Berlangsung, UMKM Perlu Diselamatkan Bersama

Kamis, 24 Juni 2021 - 23:54 WIB
loading...
Pandemi Masih Berlangsung, UMKM Perlu Diselamatkan Bersama
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah bersama swasta didorong untuk terus bersinergi dalam upaya menggerakkan ekonomi menengah ke bawah. Hal itu bisa dilakukan dengan menyelamatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Kepala UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Zakir Machmud mengatakan, mempertahankan UMKM bisa dilakukan dengan mengajak memasarkan lewat sebuah kegiatan pameran. Seperti di acara AFC yang akan digelar di Bali.

"Apapun untuk menolong UMKM perlu di support. Kita tidak bisa terus mengandalkan pemerintah, swasta juga harus turut membantu," ungkap Zakir di Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Baca Juga: Gandeng BPOM, Kemenkop UKM Pastikan UMKM Pangan Aman Go Global

Dia mengatakan bahwa AFC Indonesia mendukung pelaku UMKM melalui dua cara, yaitu berdonasi dan menyediakan fasilitas pasar. "Nah ini kan bentuk seperti itu. Intinya apapun yang mendukung perkembangan UMKM, baik dalam bentuk donasi atau market untuk UMKM berjualan, itu patut di support," ujar Zakir.

Saat ini, AFC Indonesia menyediakan sekitar 27 booth yang digunakan untuk menjual oleh-oleh khas Bali, mulai dari makanan kering dan basah, tas rajut, hingga kain tenun. Tidak hanya itu, AFC Indonesia juga akan memberikan donasi senilai Rp200 juta untuk para pelaku UMKM. Donasi tersebut merupakan bentuk dukungan AFC Indonesia kepada para pelaku usaha yang terdampak Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Patok 6,1 Juta UMKM Go Digital

AFC Indonesia juga memberikan donasi sebesar Rp2 miliar kepada Yayasan Bina Nusantara yang dipandu langsung oleh Raline Shah. Pemberian donasi itu disaksikan langsung oleh para peserta dan tamu VIP acara Spirit of Samurai.
(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2200 seconds (11.97#12.26)