Pasar Properti Membaik, Industri Pendukung Properti Lakukan Ekspansi

Sabtu, 26 Juni 2021 - 00:22 WIB
loading...
Pasar Properti Membaik, Industri Pendukung Properti Lakukan Ekspansi
Pertumbuhan industri properti mendorong bertumbuhnya industri pendukungnya seperti industri bahan bangunan. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Indonesia adalah negara tropis dengan musim hujan dan kemarau yang sama-sama panjang. Saat musim kemarau panasnya menyengat, ketika musim hujan curah airnya bisa sangat tinggi dan belakangan juga ekstrim. Perubahan cuaca yang ekstrim sangat berdampak terhadap daya tahan bangunan rumah, tak terkecuali dinding dan lantai. Misalnya, dindingnya jadi retak, lapuk, ataukerusakan di area lantai, sambungan atap yang membuat air hujan merembes ke dalam rumah.

(Baca Juga : Industri Properti Bangkit Dorong Industri Bahan Bangunan Bertumbuh )

Berkaitan dengan itu PT Onduline Indonesia, produsen produk atap ramah lingkungan Onduline dan Onduvilla, melalui diversifikasi bisnisnya meluncurkan produk pelapis kedap air berbahan dasar menyerupai semen (cement based waterproofing), yaitu Onducoat Bionic Fiber. Technical Manager PT Onduline Indonesia, Stevanus Iwan Setiawan menjelaskan, Onducoat Bionic Fiber masuk dalam kategori cementitious waterproofing (komposit semen dan cairan), berteknologi serat bionic sebagai penguat daya rekat dan ketahanan tekan tinggi,sehingga cocok digunakan untuk waterproofing lantai dan dinding.

Onducoat Bionic Fiber tidak beracun dan tidak korosif sehingga diklaim aman untuk diaplikasikan pada beragam area basah, seperti lantai dan dinding dalam(interior) yang tidak langsung terpapar hujan dan panas. “Juga kamar mandi, dapur, balkon, dak beton ataupun area terendam seperti ground water tank, basement, hingga kolam renang, kanal dan bendungan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

(Baca Juga : Sampah Plastik Disulap Jadi Bahan Bangunan Berkualitas Tinggi )

Iwan menambahkan, karena dilengkapi perekat fiber, pelapis kedap air Onducoat Bionic Fiber sangat tepat untuk digunakan saat dalam proses pembangunan karena sifatnya lebih preventif. “Sejak bangunan itu dibangun, bahkan sebelum diaci dan dicat sebaiknya bidang sudah dilapisi Onducoat Bionic Fiber,”tuturnya.

Marketing Communications Manager PT Onduline Indonesia, Reissa N. Siregar mengatakan, untuk memperkuat jaringan penjualan, Onduline Indonesia telah bekerja sama dengan Mitra10 yang tersebar di Jabodetabek, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Lampung, Palembang, Medan, Batam, Balikpapan hingga Makassar. “Kemitraan ini memperkuat jaringan penjualan seluruh lini produk Onduline, apalagi Mitra10 mempunyai target ekspansi yang agresif, sehingga menjadi titik penjualan utama Onduline di Indonesia, terutama di luar Jabodetabek,” kata Reissa.

(Baca Juga : TMMD di Kotim: Prajurit Angkut Bahan Bangunan dengan Perahu Kelotok )

Kendati waterproof bukanlah produk baru di Indonesia, Reissa optimis produk cementitious and fiber based waterproof-nya dapat diterima oleh pasar. Dia menyebut, ke depan PT Onduline Indonesia akan menjadi perusahaan complete solutions, yang tidak hanya fokus pada solusi atap, tetapi juga mulai masuk ke bahan bangunan lainnya. “Market bahan bangunan di Indonesia sangat luas. Jadi produk waterproofing ini bukan hanya additional product atau sekadar penambah varian saja,” terang Reissa.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)