Investor Kini Bisa Ikut RUPS Online, Intip Caranya

Selasa, 29 Juni 2021 - 10:37 WIB
loading...
Investor Kini Bisa Ikut RUPS Online, Intip Caranya
Ilustrasi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah meluncurkan modul electronic voting (e-Voting) pada platform RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) elektronik eASY.KSEI pada Senin (28/6/2021). Adapun e-Voting ini dilengkapi dengan fitur utama webinar RUPS secara live streaming, yang memungkinkan kehadiran pemegang saham dan pemberian kuasa secara elektronik.

Tahun lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menetapkan KSEI sebagai penyedia sistem penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Secara Elektronik (e-RUPS) dan meluncurkan eASY.KSEI (electronic general meeting system) dengan modul e-Proxy. Di hari pertama peluncurannya, eASY.KSEI langsung digunakan oleh 10 Emiten untuk penyelenggaraan 15 RUPS.



Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, pengembangan eASY.KSEI merupakan upaya KSEI untuk meningkatkan efisiensi penyelenggaraan RUPS Emiten. "Selain itu, KSEI juga berharap bahwa eASY.KSEI dapat meningkatkan partisipasi investor untuk menghadiri RUPS, terutama di masa pandemi COVID-19 karena adanya pembatasan mobilitas masyarakat. Nilai investasi untuk pengembangan platform eASY.KSEI tersebut sekitar Rp17,5 miliar," ujar Uriep dalam keterangan tertulis.

Uriep menambahkan, penerapan eASY.KSEI sesuai dengan kondisi demografi serta karakteristik investor pasar modal Indonesia. Berdasarkan data Single Investor Identification (SID) yang tercatat di KSEI hingga 24 Juni 2021, jumlah investor saham telah mencapai 2.493.315, dengan jumlah investor yang berdomisili di Jakarta sekitar 17 persen. Sedangkan sisanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Dari jumlah tersebut, lebih dari 36 persen investor memiliki lebih dari satu saham.

"Dari sisi profil investor pasar modal, saat ini sekitar 60 persen investor didominasi oleh milenial dan generasi Z yang fasih dengan teknologi online dan digital," kata dia.

Pengembangan eASY.KSEI merupakan hasil kerjasama dengan Merkezi Kayit Kurulusu (MKK), lembaga Kustodian sentral Turki. CEO and Broad Member MKK Arikan menyatakan, peluncuran modul e-Voting pada eASY.KSEI merupakan tonggak sejarah dan kisah sukses bagi MKK dan KSEI. "Platform ini dikembangkan dengan standar tinggi dalam tata kelola perusahaan, yang merupakan elemen kunci untuk meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong peluang investasi lintas batas," ucap Arikan.

Platform eASY.KSEI dengan modul electronic proxy (e-Proxy) pertama kali digunakan pada tanggal 14 Mei 2020 oleh 3 Emiten, yaitu PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) dan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT). Sepanjang tahun 2020, eASY.KSEI telah digunakan oleh 640 Emiten dalam 1.014 kegiatan RUPS (Tahunan dan Luar Biasa), dengan tingkat kehadiran RUPS yang dikuasakan sebesar 76 persen. Hingga pertengahan bulan Mei 2021, eASY.KSEI telah digunakan oleh 244 Emiten untuk melaksanakan 325 kegiatan RUPS (Tahunan dan Luar Biasa).

Investor dapat mengakses eASY.KSEI melalui website fasilitas AKSes KSEI (https://akses.ksei.co.id), menggunakan username dan password yang telah dimiliki. Kemudian mengakses eASY.KSEI pada menu yang tersedia tanpa perlu melakukan login ulang ke platform eASY.KSEI. Saat ini, jenis investor yang dapat menggunakan eASY.KSEI masih terbatas pada investor individu domestik. Sedangkan institusi Partisipan dan Pemakai Jasa KSEI, seperti Perusahaan Efek, Bank Kustodian, Emiten dan BAE, dapat langsung mengakses platform eASY.KSEI.

Pihak-pihak tersebut dapat memanfaatkan eASY.KSEI untuk saling berinteraksi dalam kegiatan RUPS, mulai dari pengumuman dan pemanggilan RUPS oleh Emiten, pemberian kuasa, proses registrasi, perhitungan kuorum kehadiran, perhitungan hasil voting, sampai dengan pelaporan risalah ringkas RUPS yang akan di-upload oleh Emiten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)