Mid-Year Investment Outlook 2021 MNC Sekuritas, Hary Tanoesoedibjo: Penting, Adaptasi Bisnis Digital Saat Pandemi

Kamis, 01 Juli 2021 - 20:11 WIB
loading...
Mid-Year Investment Outlook 2021 MNC Sekuritas, Hary Tanoesoedibjo: Penting, Adaptasi Bisnis Digital Saat Pandemi
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memahami kebutuhan investor atas informasi terkini yang memengaruhi pergerakan pasar modal, MNC Sekuritas sebagai anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) menggelar Webinar Mid-Year Investment Outlook 2021 dengan tema “Exploring the Next Market Mover” pada Kamis (01/07/2021).

Kegiatan edukasi secara virtual ini dibuka oleh Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina dan dilanjutkan dengan penyampaian keynote speech oleh Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Dalam kesempatan itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menjelaskan pentingnya adaptasi dalam bentuk bisnis digital di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Hal ini pula yang membuat saat ini banyak sekali perusahaan yang melakukan ekspansi dalam bentuk digital.

“The Next Market Mover berarti melihat perusahaan yang mampu beradaptasi secara digital selama pandemi Covid-19 ini. Saya sangat optimistis dengan perkembangan pasar modal Indonesia ke depannya bahwa dengan Covid-19 pun kita masih dapat tumbuh. Nanti kita akan melihat emiten yang mampu bertahan adalah emiten yang bisa beradaptasi dengan keadaan New Normal,” jelas Hary.

Baca juga:Geger! Pengakuan Wanita Ditawari Rp10 Juta Jadi Host Arisan Tumbal Pria Brondong di Pondok Indah

Sementara itu, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi memaparkan bahwa pemanfaatan teknologi di masa new normal telah memberikan dampak positif untuk pertumbuhan investor dalam setahun terakhir. Jumlah investor saham di Tanah Air telah mencapai lebih dari 2 juta per Mei 2021.

“Terjadi peningkatan jumlah investor saham yang signifikan, yaitu mencapai 42% dalam setahun terakhir. Sedangkan jumlah investor saham yang aktif bertransaksi telah tumbuh 113% dari rata-rata tahun sebelumnya. Peningkatan pesat di dunia pasar modal ini tidak terlepas dari peran serta berbagai stakeholder, termasuk MNC Sekuritas dan kontribusinya untuk meningkatkan literasi dan edukasi untuk investor pasar modal,” jelas Inarno.

Terkait kondisi makro ekonomi dan pasar modal, Kepala Unit Kajian dan Analisis Ekonomi Bursa Efek Indonesia Heidy Ruswita Sari menjelaskan terdapat sejumlah prospek dan tantangan ekonomi di tahun 2021. Dari segi domestik, terdapat agenda penanganan Covid-19 seperti percepatan peluncuran vaksin Covid-19 serta pembatasan perjalanan dari negara-negara yang berpotensi menularkan varian baru.

Selain itu, penting pula untuk melihat prospek pencatatan saham perusahaan teknologi berupa antisipasi rencana IPO dan pencatatan saham unicorn dan startup di BEI.

“Terkait dari tantangan global, penting sekali untuk melihat seperti apa situasi Covid-19 ini, terutama perlunya pembatasan global akibat lonjakan kasus Covid-19 dan vaksinasi global. Kemudian, ada pula kebijakan moneter The Fed berupa kenaikan inflasi, prospek kenaikan suku bunga The Fed dan rencana taper tantrum,” jelas Heidy.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9806 seconds (0.1#10.140)