Wacana Perpanjangan PPKM Darurat, Menkes: Lebih Baik Ekonomi Maju Perlahan

Selasa, 13 Juli 2021 - 10:09 WIB
loading...
A A A
"Perbaikan di sektor kesehatan salah satu hal yang utama adalah memberikan keyakinan ke masyarakat agar mereka tidak takut untuk keluar dan melakukan kontak fisik. Itu adalah hal yang sangat penting untuk bisa mengembalikan kegiatan ekonomi kita," imbuhnya.

Menurut Budi, memberikan rasa aman kepada masyarakat jauh lebih penting daripada membiarkan mobilitas terbuka yang justru membuat takut masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.

"Kita akan mengurangi laju penularan, supaya orang tidak sakit dan merasa percaya diri dan aman untuk keluar. Membangkitkan rasa aman itu penting. Kalaupun toh kita biarkan terbuka, tapi kemudian masyarakat tidak merasa aman, mereka tidak keluar, kegiatan ekonomi juga tidak bisa pulih kembali. Kegiatan ekonomi di Indonesia saya rasa masih 70-80 persen sangat bergantung pada kontak fisik," paparnya.

Pria yang dilantik sebagai Menteri Kesehatan oleh Presiden Jokowi pada Desember 2020 ini menyebut bahwa krisis ekonomi saat ini disebabkan oleh krisis kesehatan.

"Begitu saya masuk, saya lihat bahwa krisis ekonomi sekarang disebabkan oleh krisis kesehatan. Berbeda dengan krisis ekonomi sebelumnya tahun 1998, 2008 yang diawali oleh krisis perbankan atau krisis keuangan. Hal ini karena memang kegiatan ekonomi terjadi kalo ada kontak fisik, baik pertukaran barang atau pekerjaan jasa. Sebagian besar di Indonesia dilakukan dengan kontak fisik," bebernya.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)