Jokowi Tekankan Pentingnya Hilirisasi Industri untuk Pemulihan Ekonomi

loading...
Jokowi Tekankan Pentingnya Hilirisasi Industri untuk Pemulihan Ekonomi
Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Wdidodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terus mengakselerasi pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Jokowi mengklaim pemerintah melalui aturan yang sebelumnya tumpang tindih kini telah disempurnakan dengan UU Cipta Kerja yang berperan penting dalam hilirisasi industri di Indonesia dan menumbuhkan perekonomia menuju Indonesia maju.

Baca juga:Toko di Jalan Gadang Tanjung Priok Terbakar, Diduga Akibat Korsleting dan Kerugian Rp100 Juta

"UU Cipta Kerja mengamanatkan hilirisasi industri. Tranformasi pemulihan ekonomi melalui hilirisasi industri dibutuhkan untuk meningkatkan nilai tambah mengurangi impor, meningkatkan ekspor dan membuka banyak lapangan pekerjaan untuk pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia maju," kata Jokowi dalam sambutan acara Investor Daily Summit secara virtual, Selasa (13/07/2021).

Jokowi mengatakan bagi yang selama ini telah menerima keuntungan dari hasil impor, terutama dari luar negeri, juga harus berubah menjadi produsen ke hilirisasi dan mengambil peran dalam penguatan industri di dalam negeri.



Baca juga:Masyarakat Diimbau Patuhi Larangan Salat Iduladha di Masjid yang Berada di Zona Merah-Oranye

"Pada bulan Januari-Mei 2021 sektor pengolahan menunjukan kinerja yang baik di masa pandemi. Ekspor pengolahan industri tercatat sebesar USD66,70 miliar atau meningkat sebesar 35,53% dibanding tahun 2020," tambahnya.

Meskipun demikian, Jokowi mengaku untuk industri pengolahan memiliki kontribusi paling tinggi, yaitu 79,42% dari total ekspor sebesar USD83,99 miliar dari periode Januari-Mei.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top